Wapala Unram memeriahkan HUT RI dengan tanam mangrove di Sekotong

id Unram,Universitas Mataram,Wapala Unram,Fakultas Hukum Unram,Mangrove

Wapala Unram memeriahkan HUT RI dengan tanam mangrove di Sekotong

Aktivitas mahasiswa dari organisasi pecinta alam mengikuti kegiatan penanaman bibit mangrove inisiasi Wapala Fakultas Hukum Universitas Mataram dalam rangka memeriahkan HUT ke-78 Kemerdekaan RI di Sekotong, Lombok Barat, NTB, Kamis (17/8/2023). (ANTARA/HO-Wapala FH Unram)

salah satu wujud pelestarian alam, khususnya di kawasan pesisir...
Mataram (ANTARA) - Warga Pecinta Alam (Wapala) Fakultas Hukum Universitas Mataram, Nusa Tenggara Barat memeriahkan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 RI dengan menanam bibit mangrove di kawasan pesisir Pantai Sekotong, Kabupaten Lombok Barat.

"Penanaman bibit mangrove ini merupakan salah satu wujud pelestarian alam, khususnya di kawasan pesisir," kata Ketua Wapala Fakultas Hukum Universitas Mataram Aswan El Faruq di Sekotong, Kamis.

Dalam kegiatan tersebut, Wapala menyiapkan 500 bibit mangrove. Penanaman mangrove berjalan lancar dengan dukungan mahasiswa dari seluruh organisasi pecinta alam di Universitas Mataram.

Dia mengatakan bahwa penanaman bibit mangrove di kawasan pesisir pantai wilayah Sekotong ini sudah menjadi kegiatan rutin Wapala Fakultas Hukum Universitas Mataram.

Dalam perayaan HUT Kemerdekaan RI tahun lalu, Wapala juga melaksanakan kegiatan serupa di pesisir pantai yang masuk wilayah Dusun Labuan Petung, Desa Persiapan Pesisir Mas, Kecamatan Sekotong.

"Iya memang ini program lanjutan tahun lalu. Jadi, selain menanam bibit baru, kami juga sekalian menyortir mangrove yang rusak, itu kami sulam dengan bibit yang baru. Itu alasan kami memilih lokasi yang sama," ucap dia.

Aswan mengatakan alasan lain yang menjadi pertimbangan Wapala memilih kawasan tersebut sebagai lokasi penanaman karena melihat upaya pemerintah yang telah menjadikan wilayah pesisir pantai di Sekotong sebagai kawasan wisata hutan mangrove.

"Program pemerintah yang menjadikan kawasan pesisir pantai wilayah Sekotong ini sebagai kawasan wisata mangrove ini sangat bagus. Tentu, banyak memberikan manfaat, salah satunya dapat menyerap polutan yang ada di laut, seperti logam berat dan bahan kimia, kami mendukung program ini," ujarnya.

Pada perayaan HUT Kemerdekaan RI tahun ini, pihaknya turut menggelar kegiatan bakti sosial di bidang kesehatan.

"Ada sunatan massal dan juga cek kesehatan. Dua kegiatan sosial ini kami berikan secara gratis dengan dibantu tim kedokteran Unram (Universitas Mataram) dan Dinas Kesehatan Lombok Barat. Dua Kegiatan ini akan kami gelar sampai Minggu (20/8)," katanya.