Gowes Merah Putih bangkitkan semangat patriotisme

id Gowes merah putih, HUT kemerdekaan RI, Pemkot Banjarbaru, walikota Banjarbaru

Gowes Merah Putih bangkitkan semangat patriotisme

Wali Kota Banjarbaru Muhammad Aditya Mufti Ariffin melepas peserta "Gowes Merah Putih" yang diikuti ribuan peserta dengan start dan finish di depan Balaikota Banjarbaru, Kalsel, Ahad (20/8/2023). (FOTO ANTARA/HO-Medcen Kominfo Banjarbaru)

Banjarbaru (ANTARA) - Wali Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan Muhammad Aditya Mufti Ariffin mengatakan Gowes Merah Putih yang diselenggarakan pemerintah kota setempat bertujuan untuk membangkitkan semangat patriotisme.

"Semarak Gowes Merah Putih yang digelar Pemerintah Kota Banjarbaru ini dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-78 Kemerdekaan RI, dan sekaligus untuk membangkitkan semangat patriotisme," katanya Banjarbaru, Ahad.

Wali Kota Banjarbaru Muhammad Aditya Mufti Ariffin didampingi Wakil Ketua II DPRD Banjarbaru Taufik R dan Dandim 1006/Banjar Letkol Kav Zulkifer Sembiring melepas peserta Gowes Merah Putih di depan Balaikota Banjarbaru.

Menurut Aditya, banyaknya jumlah peserta yang mengikuti gowes sehat itu selain membangkitkan semangat patriotisme sebagai tujuan utama juga menciptakan kebersamaan dan suasana kekeluargaan.

"Alhamdulillah, pesertanya banyak mencapai 2.000 pesepeda sehingga kami mengapresiasi panitia yang telah berhasil menyelenggarakan bersepeda santai sambil berolahraga," katanya usai bersepeda.

Ia juga menekankan, melalui gowes bernuansa merah putih diharapkan meningkatkan sinergitas antara Pemkot Banjarbaru dan masyarakat sehingga bisa bersama-sama untuk mewujudkan "Banjarbaru Juara".

"Sinergit antara pemkot dengan masyarakat sangat diperlukan untuk mewujudkan Banjarbaru yang maju, agamis dan sejahtera sehingga kami berharap kegiatan ini mempererat hubungan tersebut," katanya.

Sementara itu, nuansa merah putih sesuai nama acara Gowes Merah Putih terlihat jelas dari atribut yang dikenakan setiap peserta mulai dari pakaian hingga aksesoris dan hiasan pada sepeda yang digunakan.

Panitia juga menyiapkan bendera merah putih berukuran kecil yang dikibarkan-kibarkan peserta maupun undangan sehingga sepanjang acara terasa nuansa warna kebanggaan bagi seluruh rakyat Indonesia itu.

Ribuan peserta juga bertahan sejak awal hingga akhir acara yang ditutup dengan pembagian puluhan hadiah yang cukup bernilai seperti sepeda listrik, sepeda gunung, kulkas, mesin cuci hingga hadiah menarik lainnya.

Baca juga: Gorontalo gandeng unsur terkait kibarkan bendera di dalam laut
Baca juga: HUT RI, Lombok Tengah mengibarkan bendera di pelawangan Gunung Rinjani


Tidak ketinggalan, lomba sepeda hias khusus anak-anak yang mendandani sepeda dengan berbagai tema seperti jet tempur, kapal perang, tank, kereta api hingga sepeda yang dibentuk jukung sayur tradisional.