Pelni Medan persiapkan puncak libur Natal-Tahun Baru 2024

id pt pelni medan ,pt pelni ,km kelud,pelabuhan belawan

Pelni Medan persiapkan puncak libur Natal-Tahun Baru 2024

Kepala Cabang PT Pelni Medan Biwa Abi Laksana. (ANTARA/Michael Siahaan)

Medan (ANTARA) - PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) Cabang Medan mengajukan masa puncak libur (peak season) Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 mulai H-15 Natal hingga 31 Januari 2024. "Kami mengajukan itu khusus untuk di Medan karena berdasarkan data akhir tahun 2022 sampai awal 2023, ternyata penumpang KM Kelud dari Belawan masih ramai sampai akhir Januari 2023," ujar Kepala Cabang PT Pelni Medan Biwa Abi Laksana kepada ANTARA di Medan, Selasa.
 

Biwa melanjutkan, gagasan tersebut akan dibawa ke PT Pelni (Persero) pusat untuk dilanjutkan ke pemerintah dalam hal ini Kementerian Perhubungan. Jika disepakati pemerintah maka kapasitas maksimal KM Kelud bisa dinaikkan dari 2.607 menjadi 3.741 penumpang sepanjang masa puncak libur tersebut sesuai instruksi Kementerian Perhubungan. "Kami menginginkan seperti itu," tutur Biwa.

Dia melanjutkan berdasarkan situasi pada akhir tahun 2022-awal 2023, pada H-15 Natal biasanya penumpang banyak yang turun di Belawan. Mereka umumnya berasal dari Batam, Tanjung Balai Karimun dan Jakarta. Namun pada masa setelah Tahun Baru, penumpang lebih banyak berangkat dari Pelabuhan Belawan dengan Batam tetap menjadi tujuan primadona.

"Situasi tersebut berdasarkan data tahun ini (2023)," kata Biwa. Dia menegaskan PT Pelni Medan serius mempersiapkan arus keberangkatan maupun kedatangan penumpang pada libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Baca juga: Cuaca buruk, Pelni Ambon imbau masyarakat tak berlayar sementara waktu
Baca juga: Kebijakan cetak "boarding pass" normal lagi mulai Agustus

Mereka pun mempererat komunikasi dan kemitraan dengan pihak-pihak terkait seperti Pelindo, Kantor Kesyahbandaran Utama (KSU) Belawan, Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Belawan, Polri dan TNI agar para penumpang nyaman baik saat tiba maupun berangkat dari Pelabuhan Belawan. "Kami akan berkoordinasi sejak November," ujar Biwa.