Kemenkumham Sumsel gandeng Kodim Palembang pengamanan lapas

id Kemenkumham Sumsel, pengamanan lapas, rutan, perkuat pengamanan,Aph, tni, polri, penghuni lapas, wbp

Kemenkumham Sumsel gandeng Kodim Palembang pengamanan lapas

Kakanwil Kemenkumham Sumsel bersama Komandan Kodim 0418/Palembang Letkol Czi Arief Hidayat. (ANTARA/HO-Kemenkumham Sumsel)

Palembang (ANTARA) - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sumatera Selatan menggandeng Kodim 0418/Palembang untuk memperkuat pengamanan di lembaga pemasyarakatan (lapas) dan rumah tahanan negara (rutan). "Jumlah penghuni lapas dan rutan di Palembang melampaui dari kapasitas daya tampung hingga di atas 100 persen, kondisi ini memerlukan pengamanan maksimal dengan meminta bantuan Kodim 0418,'" kata Kakanwil Kemenkumham Sumsel Ilham Djaya di Palembang, Rabu.

Dia menjelaskan jumlah narapidana atau warga binaan pemasyarakatan (WBP) yang berada di lapas dan rutan se-Sumsel menyentuh angka 15.700 orang, sementara kapasitas daya tampung UPT pemasyarakatan daerah ini idealnya hanya untuk menampung 6.605 orang. Melihat data tersebut sangatlah 'overcapacity' maka dari itu untuk mewaspadai hal-hal yang tidak diinginkan, pihaknya berupaya memperkuat pengamanan dengan meminta bantuan aparat TNI dari Kodim 0418/Palembang.

Permintaan dukungan perkuatan pengamanan lapas dan rutan direspon positif Komandan Kodim 0418 Palembang Letnan Kolonel Czi Arief Hidayat. "Saya mendapat dukungan penguatan pengamanan langsung dari Dandim Letkol Arief ketika melakukan silaturahmi baru-baru ini," katanya.

Personel pengamanan lapas dan rutan di wilayah Kanwil Kemenkumham Sumsel terbatas sehingga memerlukan dukungan dari aparat penegak hukum (APH) termasuk Kodim. Untuk mendapat dukungan dari APH dalam memperkuat pengamanan lapas dan rutan di daerah Sumsel lainnya, pihaknya akan melanjutkan koordinasi dengan jajaran TNI dan Polri di provinsi setempat, ujar Kakanwil Ilham.

Sementara Komandan Kodim 0418/Palembang Letkol Czi Arief Hidayat mengatakan menyambut hangat koordinasi penguatan pengamanan lapas dan rutan di lingkungan Kanwil Kemenkumham Sumsel.

Baca juga: Sekjen Kemenkumham menerima gelar honoris causa dari Unesa
Baca juga: Kemenkumham NTB mengusulkan 2.370 narapidana dapat remisi 17 Agustus


“Kami memberikan apresiasi atas segala upaya antisipatif yang telah dilakukan Kanwil Kemenkumham Sumsel dalam hal pengamanan dan ketertiban. Saya dan jajaran akan selalu siap membantu pengamanan guna mencegah terjadinya gejolak konflik di lingkungan lapas dan rutan,” kata Komandan Kodim Palembang.