XL luncurkan layanan video streaming "Tribe"

id XL Jakarta

XL luncurkan layanan video streaming "Tribe"

Presiden Direktur XL, Dian Siswarini bersama dengan Mantan Pembalap F1 asal Malaysia, Alex Yoong dalam acara peluncuran layanan video streaming “TRIBE” di Jakarta. Jumat (18/3). (1)

Jakarta (Antara NTB) - Kehadiran internet cepat 4G LTE di Indonesia telah mendorong peningkatan tuntutan masyarakat atas layanan data yang komplit dan berkualitas tinggi.
     Salah satu layanan data yang saat ini paling diinginkan masyarakat adalah video streaming. Atas tingginya permintaan masyarakat dan pelanggan tersebut, PT XL Axiata Tbk (XL) meluncurkan layanan video streaming "Tribe" dengan harga terjangkau yang menawarkan berbagai keunggulan baik dari sisi materi video maupun kualitas jarinngan.
     Dian Siswarini mengatakan, visi dari XL untuk meluncurkan layanan Tribe adalah untuk menyediakan layanan entertainment berkualitas kepada para penggunananya.
     Dengan dukungan jaringan XL 4G LTE berkecepatan tinggi, kini kebutuhan pelanggan dan masyarakat untuk bisa menyaksikan tayangan film, serial, dan siaran olah raga bermutu kapan saja dan di mana saja bisa terpuaskan secara terjangkau.
     "Melalui Tribe ini juga, XL bisa mengimplementasikan dukungan untuk memajukan industri film nasional," katanya.
     Dian menambahkan, dari perspektif adopsi teknologi, saat ini di Indonesia sedang terjadi terbentuknya apa yang disebut sebagai masyarakat digital atau digital society, sebagai dampak dari berkembang dan tersedianya layanan internet cepat.
     Internet cepat menjadi penopang atas  berbagai aktivitas dan kebutuhan masyarakat sehari-hari.
     Seiring dengan hal ini, trend masyarakat Indonesia dalam menikmati video streaming untuk berbagai keperluan, terutama hiburan juga akan terus meningkat. Hal ini bisa dimengerti mengingat layanan video baru akan bisa dinikmati jika tersedia koneksi internet yang cepat dan stabil.
     Tribe merupakan layanan dari XL yang menjawab kebutuhan masyarakat tersebut.
     Saat ini Tribe menyediakan konten film yang cukup lengkap dengan genre horor, action, maupun drama. Selain film Barat, juga tersedia film-film Asia, antara lain dari Korea, Asia, juga tidak ketinggalan film Indonesia terbaru. Selain film, ada juga layanan siaran dari saluran Oh!K TV dan Channel M dari Korea.
     Tribe juga menyediakan layanan siaran langsung olahraga seperti Bundesliga, Eredivisie Liga Belanda, MotoGP, Formula 1, dan kejuaraan Bulutangkis BWF Championship Series.
     Dalam penyediaan konten-konten tersebut, XL bekerjasama dengan beberapa rumah produksi besar sebagai penyedia film, dan juga Oh!K, Channel M, dan FOX Sport untuk siaran langsung drama Korea dan siaran langsung olahraga.
     Terkait dengan konten film Indonesia, melalui Tribe ini, XL sekaligus ingin ikut serta mendorong pengembangan industri film nasional. Dengan layanan ini, film-film nasional termasuk produksi baru bisa disaksikan oleh masyarakat Indonesia secara lebih mudah.
     Karena itu pula, XL menghadirkan kalangan perfilman nasional, salah satunya sutradara Joko Anwar, untuk berpartisipasi dalam TRIBE Festival yang satu rangkaian dalam program peluncuran Tribe.
     Untuk bisa menikmati layanan Tribe, pelanggan dapat mencoba gratis selama 30 hari pertama dengan mengaktifkan langganan Tribe, lewat aplikasi MyXL, lalu mengunduh aplikasi Tribe di Google Play Store atau iTunes App Store.
     Masyarakat luas siapa saja bisa mengunduh aplikasi Tribe, namun untuk berlangganan dan menonton konten yang disajikan harus menggunakan nomor XL dan membayar dengan pulsa XL.
     Sementara itu dari sisi kualitas jaringan, XL telah menyediakan layanan 4G LTE sehingga bisa menyediakan layanan internet yang cepat dan stabil, yang bisa menjamin kualitas layanan video streaming Tribe ini. Jaringan 4G LTE dari XL sudah sangat mumpuni untuk bisa menikmati online video streaming tanpa buffering sehingga pelanggan akan bisa menikmati konten-konten video secara nyaman. Semua konten video dalam TRIBE bisa ditampilkan dalam kualitas High Definition (HD)
     Untuk bisa menikmati layanan TRIBE secara maksimal, tentu saja pelanggan harus menggunakan smartphone dengan kemampuan akses ke layanan 4G LTE. Secara lebih spesifik, jenis ponsel atau gadget yang ideal untuk bisa menikmati TRIBE adalah yang sudah dilengkapi dengan sistem operasi Android versi minimal 4.4 ke atas dan iPhone minimal type 5S.
     Layanan 4G XL saat ini didukung lebih dari 3 ribu BTS 4G yang tersebar di berbagai kota di Indonesia. Adapun kota yang wilayahnya telah terlayani dengan XL 4G LTE ada sekitar 35 kota, baik di Jawa dan luar Jawa. XL mentargetkan akan ada setidaknya 85 kota yang terlayani 4G LTE hingga akhir tahun ini.
     Secara strategi bisnis, peluncuran TRIBE ini merupakan bagian dari agenda transformasi yang masih terus XL jalankan sejak tahun lalu, di mana perusahaan XL akan berfokus mengembangkan layanan 4G LTE di tahun 2016. Salah satu targetnya yaitu menciptakan peluang pertumbuhan bisnis baru (re-invent). Peluang-peluang baru tersebut berbasis pada teknologi digital, melalui pemanfaatan layanan internet cepat 4G LTE. (*)