Pemuda Ciamis harus kreatif, inovatif dan kolaboratif

id Ciamis, pemkab Ciamis, pemuda Ciamis, bupati Ciamis

Pemuda Ciamis harus kreatif, inovatif dan kolaboratif

Bupati Ciamis Herdiat Sunarya menghadiri acara Peringatan Sumpah Pemuda di Alun-alun Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Sabtu (28/10/2023). (ANTARA/HO-Humas Pemkab Ciamis)

Ciamis (ANTARA) - Bupati Ciamis Herdiat Sunarya menyatakan pemuda saat ini harus kreatif, inovatif, dan kolaboratif untuk membangun daerah Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, dalam rangka mengisi kemerdekaan Republik Indonesia untuk membangun bangsa dan negara yang lebih maju.

"Kepada para pemuda, diharapkan dalam mengisi kemerdekaan ini, lebih kreatif, inovatif, dan kolaboratif sehingga perjuangan para pendahulu kita tidak sia-sia," kata Herdiat saat memperingati Hari Sumpah Pemuda 2023 tingkat Kabupaten Ciamis di Pendopo Ciamis, Sabtu.

Ia menuturkan pemuda di Kabupaten Ciamis harus memiliki semangat untuk mewujudkan masa depan hidup dengan optimistis tinggi, yang tentunya harus dilakukan dengan cara kreativitas, berinovasi, dan kolaboratif.

Peringatan Hari Sumpah Pemuda tahun ini, kata dia, harus menjadi momentum bagi semua pihak untuk mengingat kembali semangat pemuda dahulu dalam mencetuskan Sumpah Pemuda.

"Hal tersebut sebagai upaya satu kesatuan dalam wadah bangsa Indonesia untuk berjuang bersama-sama melawan para penjajah," kata Herdiat.

Ia menyampaikan semangat pemuda untuk kreatif, inovasi, dan kolaborasi itu sesuai dengan tema Sumpah Pemuda ke-95 yakni "Bersama Majukan Indonesia". Selain itu, lanjut dia, khusus dalam momentum Sumpah Pemuda tahun ini, pemuda harus menjaga dan mewujudkan Pemilu 2024 yang aman dan damai, meskipun berbeda-beda pilihan.

"Walaupun berbeda-beda pilihan juga pendapat, saya tekankan agar masyarakat Ciamis sama-sama sepakat untuk tidak terjadi kegaduhan," kata Herdiat.

Baca juga: Hari Sumpah Pemuda momentum semangat majukan negeri
Baca juga: Pameran Keris Lombok Tengah edukasi pemuda lestarikan budaya


Dalam peringatan Hari Sumpah Pemuda tingkat Kabupaten Ciamis itu diisi dengan Pameran Kepemudaan yang digelar di Alun-alun Ciamis. Bupati menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada pemuda dan pemudi Ciamis atas terselenggaranya pameran kepemudaan sebagai wujud menunjukkan kreativitas dan inovasi dalam mengisi kemerdekaan.

Bupati menyampaikan pameran tersebut juga wujud pemuda dalam membangun dan memajukan daerah Ciamis.*