Pameran Keris Lombok Tengah edukasi pemuda lestarikan budaya

id Pameran Kris ,Lombok Tengah

Pameran Keris Lombok Tengah edukasi pemuda lestarikan budaya

Bupati Lombok Tengah Lalu Fathul Bahri meninjau pameran keris di bekas kantor bupati setempat, Jumat (20/10/2023). (ANTARA/Akhyar Rosidi)

Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Pameran Keris Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat memberi edukasi kepada masyarakat, terutama kalangan generasi muda, tentang pentingnya menjaga kelestarian budaya bangsa, kata Bupati Lombok Tengah Lalu Fathul Bahri.

"Ini sarana edukasi kepada generasi kita di Lombok Tengah khususnya," katanya saat membuka pameran itu selama 20-22 Oktober 2023 di bekas kantor bupati setempat di Praya, Jumat.

Ia menyebut keris sebagai bagian dari kebudayaan bangsa sehingga harus dilestarikan dengan salah satu bentuknya melalui pameran tersebut.

Pameran keris itu, katanya, selain membuktikan tentang ciri khas Lombok yang masih kokoh juga mendukung pertumbuhan ekonomi masyarakat. Pameran tersebut diikuti puluhan peguyuban pecinta keris dari berbagai tempat di Lombok Tengah.

"Kegiatan ini adalah wujud perhatian pihaknya terhadap warisan nenek moyang serta sebagai langkah untuk menjaga dan mengembangkan kebudayaan," katanya.
 
Bupati Fathul Bahri menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang telah ikut mendukung pameran tersebut. Ia mengharapkan kegiatan itu memberikan manfaat penting bagi kemajuan pembangunan di daerah setempat.

Baca juga: Pameran keris lestarikan warisan budaya
Baca juga: Pameran keris edukasi dalam pelestarian budaya


"Ini bisa menjadi ajang silaturahmi antara pecinta keris dan bisa menjadi motivasi bagi masyarakat lain ikut melestarikan budaya keris ini," katanya.