Sebanyak empat tiket Olimpiade diperebutkan di IFSC

id IFSC Climbing Asian Qualifier 2023,Olimpiade 2024,FPTI,Panjat Tebing Indonesia

Sebanyak empat tiket Olimpiade diperebutkan di IFSC

Atlet panjat tebing putra Rahmad Adi Mulyono (kanan) bersama dengan atlet panjat tebing Italia Matteo Zurloni (tengah) dan atlet panjat tebing China Jinbao Long (kiri) berfoto usai memenangi medali emas di ajang IFSC Climbing World Championship, Bern, Swiss, Kamis (10/8/2023) (ANTARA/HO-FPTI)

Jakarta (ANTARA) - Empat tiket menuju Olimpiade 2024 Paris akan diperebutkan di ajang Kualifikasi Panjat Tebing Zona Asia atau IFSC Climbing Asian Qualifier 2023 yang berlangsung di Lot 11, komplek Gelora Bung Karno, Jakarta.

Jakarta menjadi tuan rumah IFSC Climbing Asian Qualifier 2023 yang akan mempertandingkan dua nomor lomba yaitu lead & boulders dan speed yang dilangsungkan mulai 9 November hingga 12 November.

"Jangan sampai terlewatkan sedikitpun setiap keseruan pertandingan di IFSC Climbing Asian Qualifier Jakarta 2023 ya. Yuk datang dan saksikan secara langsung setiap pertandingannya di Lot 11, GBK, Senayan, Jakarta," tulis Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) di laman media sosialnya, Minggu.
 

Peraih medali emas kategori putra atau putri di dua nomor perlombaan akan secara otomatis memperoleh tiket menuju Olimpiade 2024 Paris. Di nomor boulder & leads akan dilangsungkan babak kualifikasi pada 9 November hingga babak final yang akan berlangsung pada 11 November. Untuk nomor lomba speed akan berlangsung kualifikasi dan babak final di hari yang sama pada 12 November.

Sebelumnya Indonesia telah menyegel satu tiket menuju Olimpiade 2024 Paris melalui cabang olahraga panjat tebing kategori speed putri. Atlet andalan Indonesia Desak Made Rita mengamankan satu tiket otomatis ke Paris setelah meraih medali emas dalam ajang IFSC Climbing World Championships 2023 di Bern.

Baca juga: Atlet senam Aertistik Rifda lolos ke Olimpiade Paris 2024
Baca juga: NOA pererat kerja sama Indonesia-Malaysia bidang olahraga


Desak Made mampu mencatatkan waktu 6,49 detik di final sementara lawannya atlet panjat tebing Amerika Serikat Emma Hunt hanya mampu menorehkan catatan waktu 6,67 detik.

Usai perebutan tiket di IFSC Climbing Asian Qualifier 2023, peluang untuk menuju Olimpiade 2024 dapat diperoleh melalui Olympic Qualifier Series yang memperebutkan 20 tiket di nomor boulder & leads dan sepuluh tiket di nomor speed.