Dintan Mukomuko usulkan bantuan 60 sapi untuk peternak

id Mukomuko,Bantuan,Sapi,Peternak

Dintan Mukomuko usulkan bantuan 60 sapi untuk peternak

Dokter hewan Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko melakukan USG hewan bunting, Minggu (26/11/2023). ANTARA/Ferri

Mukomuko (ANTARA) - Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu mengusulkan bantuan 60 ekor sapi kepada pemerintah pusat untuk tiga kelompok tani di wilayah setempat yang masih sedikit beternak sapi.
 

"Kalau untuk usulan kita, insyaallah untuk kegiatan 2024 alhamdulillah nama kita ada di e-proposal sudah masuk untuk bantuan sebanyak 60 sapi potong," kata Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Diana Nurwahyuni di Mukomuko, Minggu (26/11).

Meskipun nama instansi itu ada di e-proposal dan usulan tersebut sudah masuk Kementerian Pertanian, pihaknya belum mengetahui jenis kelamin sapi potong yang akan diberikan kepada daerah setempat.

Pihaknya hingga saat ini belum mengetahui apakah bantuan sapi potong dari Kementerian Pertanian tersebut dalam bentuk sapi betina dan jantan.

"Yang jelas daerah ini Tahun 2024 mendapatkan bantuan sebanyak 60 ekor sapi. Biasanya bantuan tersebut untuk tiga kelompok tani atau 20 ekor per kelompok," ujarnya.

Hingga saat ini, instansi tersebut belum menentukan siapa bakal calon petani dan calon lokasi (CPCL) yang menerima bantuan 60 ekor sapi potong dari pemerintah pusat.

"Saat ini kami belum menentukan siapa kelompok tani yang menjadi CPCL untuk menerima bantuan sapi potong karena program bantuan sapi potong Tahun 2024 dari pemerintah pusat baru usulan dari dinas," ujarnya.

Ia berharap, setelah kelompok tani menerima bantuan tersebut dapat menambah populasi sapi potong serta dapat mewujudkan daerah ini menjadi swasembada daging.

Ia mengatakan tahun ini ada dua kelompok tani di wilayah itu yang akan menerima bantuan 50 bibit kambing dari pemerintah pusat, untuk meningkatkan populasi kambing di daerah ini.

"Kegiatan untuk Tahun 2023, alhamdulillah yang kita usulkan e-proposal Tahun 2022 alhamdulillah Tahun 2023 kita dapat bantuan dari pusat melalui pengadaan BPTU Padang Mangatas," ucapnya.

Baca juga: Sebanyak 500 sapi Australia batal masuk NTB karena risiko penyakit LSD
Baca juga: Kemenkop UKM komitmen tingkatkan produksi susu segar

Saat ini, populasi sapi di daerah itu 29.335 ekor, kerbau 8.820 ekor, kambing 28.874 ekor, dan domba 1.324 ekor.