Sebanyak 300 relawan bumantara dan influencer bersih-bersih Medan Zoo

id Bersih-bersih bumantara,Bersih-bersih influencer,Medan Zoo,Kebun Binatang Medan

Sebanyak 300 relawan bumantara dan influencer bersih-bersih Medan Zoo

Sejumlah relawan mengumpulkan sampah ke dalam kantongan plastik hitam di Kebun Binatang Medan, Rabu (24/1/2024). ANTARA/Ghiffari

Medan (ANTARA) - Sebanyak 300 orang lebih relawan bumantara dan influencer Kota Medan, Sumatera Utara, melakukan aksi bersih-bersih Medan Zoo atau Kebun Binatang Medan.

"Bersih-bersih Medan Zoo ini merupakan gerakan hati nurani masyarakat Kota Medan yang peduli terhadap kelestarian satwa," ungkap perwakilan influencer Medan Fahmi Saleh di Medan, Rabu (24/1).

Aksi bersih-bersih ini, lanjut dia, melakukan pembersihan terhadap kandang satwa, baik itu yang sudah kosong maupun yang masih terisi, seperti kandang rusa, burung, kuda dan lainnya.

Sebab dalam beberapa tahun terakhir kondisi Medan Zoo memprihatinkan berakibat banyak satwa mati karena tidak terurus, tidak terawat, terkesan kumuh dan kotor yang sempat viral akhir-akhir ini.

Tercatat dua ekor harimau sumatra mati bernama Erha pada 3 November 2023 dan Nurhaliza pada 31 Desember 2023, serta seekor harimau benggala mati bernama Avatar pada 3 Desember 2023.

"Jadi hal pertama dilakukan komunitas ini, yakni pengumpulan donasi dari semua komponen masyarakat yang awalnya mencapai Rp40 juta," katanya.

Namun hingga kini donasi itu sudah terkumpul sebesar Rp82 juta, termasuk dari perbankan di Sumatera Utara, Pordasi, Mercedes Club Medan dan masyarakat lainnya.

"Donasi ini akan diperuntukan membeli makan satwa dan memberikan penghasilan kepada 27 orang karyawan Medan Zoo yang tidak sepenuhnya dibayarkan gajinya berbentuk bahan pokok," papar Fahmi.

Manajer Medan Zoo Pernius Harefa memberi apresiasi atas kepedulian relawan bumantara dan influencer Kota Medan yang melakukan aksi bersih-bersih Medan Zoo.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada influencer, khususnya masyarakat Kota Medan karena telah berpartisipasi mengambil bagian peduli dengan Medan Zoo," kata dia.

Baca juga: City government demands improving Medan Zoo after three tigers died
Baca juga: Medan Zoo butuh investasi modernisasi


Menurutnya sasaran utama dari aksi bersih-bersih relawan dan influencer Kota Medan ini adalah kebersihan lingkungan, seperti kandang satwa.

"Ini awal pertama dari masyarakat Kota Medan berpartisipasi mengambil bagian untuk peduli dengan Kebun Binatang Medan," jelas Pernius.