Dispar Mataram siapkan panggung untuk pengamen di wisata Loang Baloq

id pangung loang baloq,wisata loang balog, dispar mataram,pengamen,wisata

Dispar Mataram siapkan panggung untuk pengamen di wisata Loang Baloq

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Mataram Cahya Samudra. (ANTARA/Nirkomala)

Panggung ini akan kita buat agar keberadaan pengamen di destinasi wisata Loang Baloq bisa lebih terarah dan tertib
Mataram (ANTARA) - Dinas Pariwisata Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat dalam waktu dekat menyiapkan panggung untuk mengakomodasi pengamen yang ada di kawasan objek wisata Taman Loang Baloq.

"Panggung ini akan kita buat agar keberadaan pengamen di destinasi wisata Loang Baloq bisa lebih terarah dan tertib," kata Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Mataram Cahya Samudra di Mataram, Rabu.

Panggung untuk pengamen itu direncanakan, karena selama ini keberadaan pengamen di kawasan objek wisata Taman Loang Baloq dinilai mengganggu pengunjung, sebab mereka beraktivitas tidak tertib.

Baca juga: Kemenparekraf bantu Kecamatan Sekarbela Mataram Rp120 juta
Baca juga: Pemkot Mataram dibantu Kemenparekraf membeli alat permainan wisata


Bahkan, lanjutnya, kesannya pengamen ini hanya modus untuk minta-minta ke pengunjung, sebab mereka bernyanyi tidak sampai dua atau tiga bait, sudah meminta dari pengunjung dan jumlahnya cukup banyak.

Dengan alasan itu, katanya, Dispar akan menyiapkan panggung sederhana seperti live music untuk para pengamen dan nantinya mereka dibuatkan jadwal pentas secara bergantian agar lebih tertib.

"Tapi, pengamen yang akan kita akomodasi di Loang Baloq tentu akan diseleksi oleh kelompok sadar wisata (Pokdarwis) agar yang akan ngamen betul-betul serius dan profesional," katanya.

Menurut rencana, kata Cahya yang juga Plt Camat Sekarbela, panggung pengamen itu akan dibuat di sekitar lapak pedagang kaki lima (PKL) Loang Baloq atau di sekitar pinggir pantai.

Baca juga: Wisata Loang Baloq Mataram dilengkapi dengan "flying fox"
Baca juga: Wisata Loang Baloq Mataram ditargetkan jadi sumber PAD



"Dengan demikian, para pengamen bisa mendapatkan imbalan dari pengunjung, karena pengunjung memang benar-benar merasa terhibur. Tidak hanya sekedar ngamen asal-asalan," katanya.

Selain akan menyiapkan panggung untuk pengamen, pihaknya juga akan melakukan penataan terhadap keberadaan PKL agar lebih tertata dan rapi.

"Harapannya ke depan bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat dan wisatawan untuk berkunjung ke Loang Baloq," katanya.