Diskop Lombok Tengah libatkan universitas kembangkan PLUT

id PLUT ,Lombok Tengah ,NTB,diskop lombok tengah,universitas

Diskop Lombok Tengah libatkan universitas kembangkan PLUT

Gedung PLUT program Kementerian Koperasi yang dibangun di Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi NTB dalam rangka mendukung peningkatan produk UMKM (ANTARA/Akhyar Rosidi)

Kami telah kerja sama dengan Universitas Mataram sebagai langkah awal dalam pengelolaan PLUT ini

Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) melibatkan Universitas Mataram dalam mengembangkan pengelolaan Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) yang telah rampung dikerjakan di 2023.

"Kami telah kerja sama dengan Universitas Mataram sebagai langkah awal dalam pengelolaan PLUT ini," kata Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Lombok Tengah, Ikhsan di Praya, Senin.

Ia mengatakan, pengelolaan PLUT ini membutuhkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas, sehingga PLUT ini bisa berjalan dengan baik dan bisa memberikan manfaat bagi para pelaku UMKM di Lombok Tengah.

Baca juga: Semua produk UMKM di Lombok Tengah bisa dipasarkan di PLUT
Baca juga: PLUT jadi sentra promosi UMKM Lombok Tengah


Oleh karena itu, pihaknya akan mengangkat lima tenaga konsultan sesuai bidang yang dibutuhkan seperti di bidang SDM, perencanaan, pemasaran dan pembiayaan.

"PLUT ini akan dikelola oleh UPTD bersama para pelaku UMKM," katanya.

Sebelumnya, Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) dengan nilai anggaran Rp4,8 miliar dari Dana Alokasi Khusus (DAK) 2023 program Kementerian Koperasi Republik Indonesia itu telah rampung dikerjakan. Sedangkan untuk anggaran sarana dan prasarana pendukung pengelolaan PLUT tersebut mencapai Rp2,5 miliar.

Pembangunan PLUT yang berlokasi di Jalan Bypass Bandara Lombok itu dimulai dikerjakan bulan Mei dan telah selesai dikerjakan November 2023. PLUT ini diharapkan bisa mendukung pertumbuhan UMKM. PLUT tersebut sudah bisa dioperasikan di awal 2024 dan diharapkan bisa mendukung produksi UKM di Lombok Tengah khususnya.

"Program ini diharapkan bisa meningkatkan produksi UMKM dalam hal meningkatkan pemasaran secara digital," kata Ikhsan.  

Baca juga: Pembangunan sarana PLUT Lombok Tengah rampung
Baca juga: Kemenkop dan UKM membangun PLUT di Lombok Tengah