Muhammadiyah di Bali tarawih di lokasi terdekat saat pengrupukan Nyepi

id Muhammadiyah Bali,shalat tarawih pertama,pawai ogoh-ogoh

Muhammadiyah di Bali tarawih di lokasi terdekat saat pengrupukan Nyepi

Umat Islam melaksanakan Shalat Idul Fitri 1 Syawal 1444 H di Lapangan Puputan Margarana, Denpasar, Bali, Jumat (21/4/2023). ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo/rwa.

Denpasar (ANTARA) - Ketua Majelis Tabligh Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Bali Muhammad Saffaruddin meminta warga Muhammadiyah di daerah itu untuk menjalankan shalat tarawih pertama di lokasi terdekat, karena bertepatan dengan Hari Pengerupukan atau malam pawai ogoh-ogoh petang nanti.

“Berkaitan dengan tarawih perdana hari ini yang bersamaan dengan pawai ogoh-ogoh, sudah kami imbau dan upayakan agar umat Muslim bisa menuju masjid atau mushala terdekat,” kata Muhammad Saffaruddin di Denpasar, Minggu.

Saffarudin menyampaikan sebagai upaya menjaga keamanan dan keharmonisan umat beragama, telah disiapkan sekitar 21 titik shalat tarawih pertama di seluruh Bali, sehingga Muslim kalangan Muhammadiyah dapat menuju lokasi paling strategis.

“Hindari jalan-jalan yang padat dan macet, serta tetap menjaga keharmonisan dan saling menghormati, sehingga pawai ogoh-ogoh tetap bisa berjalan sebagaimana mestinya,” ujarnya.

Baca juga: Polisi alihkan jalur pengendara saat pawai ogoh-ogoh di Mataram
Baca juga: 60 petugas kebersihan tangani sampah sisa Pawai Ogoh-Ogoh


Arahan yang disampaikan ketua majelis tabligh tersebut disampaikan sejak jauh hari, selain untuk mengantisipasi kerawanan di rangkaian hari suci umat Hindu, juga sesuai arahan Pimpinan Pusat Muhammadiyah bahwa 1 Ramadhan 1445 H jatuh pada hari Senin, 11 Maret besok.

Saffarudin menyebut proses shalat tarawih yang bertepatan dengan pawai ogoh-ogoh malam nanti dimulai pukul 19.45 Wita di sembilan titik di Denpasar, tiga titik masing-masing di Badung dan Tabanan, dua titik di Buleleng dan Jembrana, serta satu titik di Gianyar dan Klungkung.

Berikut lokasi shalat tarawih pertama di Bali

Denpasar:
Mushala Gedung Dakwah PWM Bali
Mushala Ahmad Dahlan
Mushala Baitul Mukimin
Rumah Sosial Muhammadiyah Dentim
Mushola Syuhada Padang Indah
Mushala Al Huda
Mushala Ar-Rahman
Rumah Dakwah Muhammadiyah PDM
Mushala Uswatun Hasanah

Wilayah Badung:
Gedung PAUD Dalung,
Gedung Dakwah PDM Badung,
Rumah Joglo Mu

Wilayah Tabanan:
Mushala Gedung Dakwah PDM Tabanan
Mushala PCM Selemadeg Bajra
Mushala PCM Bakisan

Wilayah Gianyar
Mushala Miftahul Jannah

Wilayah Buleleng
Masjid Al Manar
Masjid At Taqwa

Wiayah Jembrana
Masjid An-Nur Muhammadiyah
Masjid Ash-Shidiqiyah Sang asurya

Wilayah Klungkung
Masjid Al Hikmah