Jumat, 20 Oktober 2017

12 Hektare Hutan Gunung Rinjani Tebakar

id KEBAKARAN HUTAN RINJANI
Api diperkirakan bermula dari pembakaran lahan kebun yang tidak terkendali
Mataram (Antara NTB) - Seluas 12 hektare hutan di kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani, Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat terbakar, Senin (9/10).

"Begitu kami mendapatkan laporan kami bersama tim langsung bergegas menuju lokasi setelah mendapat laporan via telepon dari warga terkait kebakaran itu," kata Kepala Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (BTNGR) Agus Budi Santosa di Mataram, Selasa.

Ia menyebutkan kebakaran tesebut berlokasi di Bukit Telaga, Desa Sembalun Lawang. Taksiran lahan yang terbakar mencapai 12 hektar dengan panjang lebih dari 1 kilometer.

Agus menuturkan, pemadaman sendiri dilakukan mulai pukul 14.00 WITA, dengan melibatkan sejumlah pihak oleh Balai TNGR bersama Koramil Sembalun, Polsek Sembalun, Tim Siaga Bencana Daerah, Masyarakat Peduli Api, Masyarakat Mitra Polhut, dan anggota masyarakat lainnya yang berjumlah 27 orang.

Ia mengungkapkan kobaran api sempat mengarah ke perkampungan warga, namun sebelum mendekati perkampungan api dapat dikendalikan. Tetapi api yang berada pada areal yang curam, pihaknya mengaku mengalami kesulitan melakukan pemadaman.

"Api berhasil kita padamkan baru pada pukul 12.00 WITA," terangnya.

Untuk penyebab pasti kebakaran, Agus menduga, kebarakan berasal dari pembakaran lahan kebun oleh warga yang hingga kini masih dalam proses penyelidikan.

"Api diperkirakan bermula dari pembakaran lahan kebun yang tidak terkendali," katanya. (*)

Editor: Nur Imansyah

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga