Dua pembalap Adenanta dan Veda Ega finis 1-2 di ARRC Sirkuit Mandalika

id ARRC 2024 Sirkuit Mandalika,Veda Ega Pratama,Adenanta Putra

Dua pembalap Adenanta dan Veda Ega finis 1-2 di ARRC Sirkuit Mandalika

Pembalap Astra Honda Racing Team Mohammad Adenanta Putra (kanan) bersama pembalap Astra Honda Racing Team Veda Ega Pratama (kiri) memacu motornya saat race dua kelas SS600 Idemitsu FIM Asia Road Racing Championship (ARRC) 2024 di Pertamina Mandalika International Circuit di KEK Mandalika, Desa Kuta, Praya, Lombok Tengah, NTB, Minggu (28/7/2024). ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/Spt.

Surabaya (ANTARA) - Dua pembalap Astra Honda Racing Team (AHRT) Adenanta Putra dan Veda Ega Pratama finis 1-2 pada race 2 seri keempat Asia Road Racing Championship (ARRC) 2024 kelas Supersports 600 (SS600) di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika, Lombok Tengah, Minggu.

Ini merupakan kemenangan pertama Adenanta di kelas SS600 sejak ia turun pada kelas ini sejak tahun lalu, setelah ia gagal mendapatkan kemenangannya lebih cepat pada race 1 satu hari sebelumnya yang hanya finis d P4.

“Di Race 2, saya dari awal berusaha mempertahankan posisi saya. Terkadang ketika saya ingin menciptakan celah, saya berusaha lebih keras, namun itu sangat sulit," kata Adenanta seperti dikutip dari laman resmi ARRC, Minggu.

"Ketika pembalap lain melewati saya, saya mencoba mengikuti mereka, hanya fokus menjaga ritme dan mempertahankan kecepatan yang baik di setiap putaran. Saya mengikuti Azroy, dan menjelang akhir balapan, saya pikir saya mungkin mempunyai kesempatan untuk menyalip, jadi saya mendorong lebih keras," tambahnya.

"Akhirnya, saya berhasil menyalipnya di dua tikungan terakhir. Saya sangat senang dengan hasilnya," lanjutnya.

Adenanta dan Veda Ega selalu bersaing di posisi depan, dengan lap pertama yang dipimpin oleh pembalap Malaysia Azroy Hakeem Anuar. Balapan lalu berjalan semakin intensif dengan posisi pembalap di grup depan yang berubah dengan cepat sebelum Azroy kembali memimpin pada lap 7, disusul Adenanta dan Veda yang memberikan tekanan dari posisi kedua dan ketiga.

Di lap terakhir, saat para pembalap memperebutkan posisi teratas, terjadi insiden kecelakaan antara Thanat Laoongplio dan Azroy di tikungan terakhir. Situasi ini lalu dimanfaatkan Adenanta yang berhasil melewati garis finis untuk memenangkan balapan dengan waktu 19 menit 48,434 detik.

Veda yang sempat mundur di posisi kelima juga mendapatkan keuntungan pada situasi ini dengan finis podium kedua yang merupakan podium tertingginya pada kelas ini, dengan selisih 0,440 detik dari rekan setimnya Adenanta yang juara.

Baca juga: Dua pembalap Adenanta dan Veda Ega finis 1-2 di ARRC Sirkuit MandalikaMandalika
Baca juga: Dua pembalap Adenanta dan Veda Ega finis 1-2 di ARRC Sirkuit Mandalika
Baca juga: Pembalap NTB Arai raih podium tiga race kedua ARRC Sirkuit Mandalika 2024


Kemenangan ini membawa Adenanta memperkecil jarak dengan pembalap Thailand Apiwath Wongthananon yang berada di posisi teratas klasemen sementara dengan kini hanya menyisakan delapan poin.

Sementara bagi Veda, raihan 36 poin dari Mandalika membuatnya memiliki 62 poin dan naik ke posisi ketujuh klasemen sementara. Seri kelima ARRC 2024 akan dilanjutkan ke Sirkuit Sepang, Malaysia pada 13-15 September mendatang.