Pelari Noah Lyles sabet emas setelah rajai nomor lari 100m putra

id Olimpiade Paris 2024, Atletik Olimpiade Paris, Medali Olimpiade Paris, Noah Lyles

Pelari Noah Lyles sabet emas setelah rajai nomor lari 100m putra

Sprinter Amerika Serikat  Noah Lyles merayakan keberhasilan menjuarai nomor bergengsi lari 100m putra pada Olimpiade Paris 2024 di  Stade de France di Saint-Denis, Paris, pada 4 Agustus 2024. (AFP/JEWEL SAMAD)

Jakarta (ANTARA) - Juara dunia Noah Lyles menyabet medali emas setelah mencatat waktu tercepat 9,79 detik dalam final atletik nomor sprint 100m putra yang dramatis di Paris dalam Olimpiade 2024 pada Minggu malam waktu setempat.

Lyles menjadi atlet Amerika Serikat pertama yang memenangkan nomor tersebut sejak Justin Gatlin menjuarai lari 100m putra pada Olimpiade Athena 2004. Sprinter Jamaika Kishane Thompson harus puas dengan medali perak setelah finis lima per seribu detik lebih lambat dari Lyles.

Rekan setim Lyles dari Amerika Serikat, Fred Kerley, meraih medali perunggu setelah membukukan waktu 9,81 detik atau hanya unggul seperseratus detik dari pelari Afrika Selatan Akani Simbine yang mencatat waktu 9,82 detik.

Baca juga: Pecahkan rekor dunia 1500m, perenang Finke asal AS
Baca juga: Medali emas perdana golf jadi milik Scottie


Juara bertahan Marcell Jacobs dari Italia tercecer pada posisi kelima, Letsile Tebogo dari Botswana pada posisi keenam, Kenny Bednarek dari Amerikap pada posisi ketujuh dan Oblique Seville dari Jamaika pada posisi kedelapan.

Semua sprinter berlari di bawah 9,92 detik sehingga lomba kali ini merupakan salah satu pacuan 100m yang paling menegangkan, demikian AFP.