Atlet Katzberg sumbang emas untuk Kanada

id Olimpiade Paris 2024,Atletik, Medali Olimpiade Paris 2024,Ethan Katzberg

Atlet Katzberg sumbang emas untuk Kanada

Atlet Kanada Ethan Katzberg memenangkan medali emas lontar martil Olimpiade Paris 2024 di Stade de France di Saint-Denis, utara kota Paris, pada 4 Agustus 2024. ANTARA/AFP/KIRILL KUDRYAVTSEV

Jakarta (ANTARA) - Juara dunia Ethan Katzberg mempersembahkan medali emas kepada Kanada setelah menjuarai atletik nomor lontar martil putra dalam Olimpiade Paris 2024 pada Minggu.

Dia memastikan medali emas setelah mencatat jarak terjauh langsung pada lemparan pertamanya. Atlet lontar martil berusia 22 tahun nan karismatik dari British Columbia ini mencatat jarak 84,12 meter pada lemparan pertamanya sehingga membuat para pesaingnya tertinggal sepanjang lomba di Stade de France tersebut.

Lemparan pertama Katzberg itu lebih jauh empat meter dari pesaing terdekatnya, atlet Hungaria Bence Halasz, yang meraih perak dengan lemparan sejauh 79,97m. Pelontar martil Ukraina Mykhaylo Kokhan meraih perunggu dengan lemparan sejauh 79,39m. Katzberg tak terkalahkan dalam nomor tersebut sejak secara mengejutkan menjurai nomor itu dalam Kejuaraan Dunia di Budapest tahun silam.

Baca juga: Pelari Noah Lyles sabet emas setelah rajai nomor lari 100m putra
Baca juga: Pecahkan rekor dunia 1500m, perenang Finke asal AS


Dia menjadi atlet Kanada pertama yang memenangkan medali emas Olimpiade dari nomor lontar martil dan atlet pertama Amerika Utara yang menggapai prestasi itu sejak Hal Connolly pada 1956, demikian AFP.