Palembang belajar "benchmarking" di Lombok Barat

id Palembang ke Lobar,Belajar Benchmarking

Palembang belajar "benchmarking" di Lombok Barat

Sekda Lombok Barat H Mohammad Taufik (kiri), menerima cenderamata dari Sekda Kota Palembang H Halawin Mustofa. (Foto Antaranews NTB/ist)

Hasil yang didapat akan dijadikan sebagai referensi meningkatkan kinerja organisasi yang ada di Kota Palembang
Lombok Barat (Antaranews NTB) - Pemerintah Kota Palembang, Sumatera Selatan, mengadakan kunjungan kerja di Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, untuk belajar tentang "benchmarking" yang diterapkan organisasi perangkat daerah setempat.

Sebanyak 40 anggota rombongan yang dipimpin Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palembang H Halawin Mustofa, diterima oleh Sekda Lombok Barat H Mohammad Taufik, di Gerung, Selasa (24/4).

"Maksud dan tujuan kami adalah untuk melakukan kajian `benchmarking` ke tiga dinas yang ada di Pemerintah Kabupaten Lombok Barat, yakni Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah, dan Dinas Pariwisata," katanya.

"Benchmarking" adalah suatu proses membandingkan dan mengukur suatu organisasi terhadap proses operasi yang terbaik sebagai inspirasi dalam meningkatkan kinerja.

Hasil dari kunjungan kerja, kata Halawin, diharapkan dapat diterapkan di masing-masing organisasi peserta yang mengikuti Pendidikan dan Pelatihan Pimpinan (Diklatpim) IV Kota Palembang.

Lebih lanjut, ia menambahkan kegiatan tersebut dilakukan dengan metode diskusi terhadap masing-masing dinas yang telah dipilih oleh Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Palembang, kepada dinas-dinas yang ada di Kabupaten Lombok Barat.

"Sebagai objek `benchmarking`, nantinya hasil yang didapat akan dijadikan sebagai referensi meningkatkan kinerja organisasi yang ada di Kota Palembang," ujarnya.

Sementara itu, Sekda Lombok Barat, H Mohammad Taufiq, sangat berterima kasih atas dipilihnya Kabupaten Lombok Barat sebagai objek diskusi "benchmarking" oleh peserta Diklatpim IV Pemerintah Kota Palembang.

"Mudah-mudahan dapat memberikan jawaban yang memuaskan kepada para peserta Diklatpim IV Kota Palembang," katanya.

Taufiq juga berharap nantinya hasil diskusi yang dilakukan para peserta diklatpim dapat menghasilkan kesimpulan-kesimpulan yang baik, dan tentunya juga dapat menjadi referensi di Kota Palembang.

Mantan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Lombok Barat ini juga meminta kepada rombongan dari Kota Palembang untuk membantu mempromosikan pesona wisata NTB, khususnya Kabupaten Lombok Barat di Sumatera Selatan. (*)