Nelayan Mataram dilarang melaut terkait mnek

id mnek 2018 ,kapal perang 43 negara,larang melaut,kota mataram

Nelayan Mataram dilarang melaut terkait mnek

Kapal perang dari 43 negara akan melaksanakan latihan kapal perang bersama di perairan laut Lombok. (ist)

Pasalnya, pada tanggal 8 Mei tersebut area perairan Selat Lombok akan dilaksanakan latihan kapal perang bersama 43 negara peserta MNEK 2018
Mataram (Antaranews NTB) - Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat melarang nelayan melaut pada 8 Mei 2018 terkait dengan kegiatan "Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK)".

"Pasalnya, pada tanggal 8 Mei tersebut area perairan Selat Lombok akan dilaksanakan latihan kapal perang bersama 43 negara peserta MNEK 2018," kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Mataram Baiq Hj Sujihartini melalui Kepala Bidang Perikanan Tangkap Emir Rumair di Mataram, Kamis.

Ia mengatakan, permohonan pengosongan perairan laut Selat Lombok tersebut sesuai dengan surat yang diterima dari Pangkalan Utama TNI AL VII Pangkalan TNI AL Mataram, Nomor B/208/V/2018 tertanggal 2 Mei 2018.

Dalam surat itu disebutkan juga, pengosongan perairan laut Selat Lombok pada tanggal 8 Mei dimulai dari pukul 06.00 WITA sampai dengan 09.00 WITA.

"Jadi untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, nelayan pada hari itu diminta tidak melaut," katanya.

Sebagai tindaklanjut dari surat tersebut, pihaknya segera bersurat ke lurah dan camat yang memiliki wilayah pesisir, untuk dapat ditindaklanjuti ke warga nelayan.

"Tindak lanjut surat dari Danlanal Mataram tersebut sekaligus untuk menepis isu bahwa nelayan dilarang melaut selama kegiatan MNEK, sebab larangan khusus hanya pada tanggal 8 Mei, puluk 06.00 WITA sampai 09.00 WITA," katanya lagi.

Kegiatan MNEK 2018, berlangsung 4-9 Mei 2018 dipusatkan di Stadion Malomba, Pantai Ampenan dan Pelabuhan Lembar Kabupaten Lombok Barat.

Kegiatan itu dihadiri oleh 37 negara, lebih dari 5.500 prajurit angkatan laut dengan 55 kapal perang, dan 30 pesawat udara yang hingga saat ini puluhan kapal perang dan pesawat udara sudah bersandar di Pelabuhan Lembar, Lombok Barat.

Adapun beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan dalam rangkaian MNEK 2018 antara lain, pameran maritim di Islamic Center tanggal 4-5 Mei dilaksanakan pelayaran kebangsaan diikuti 400 siswa SMA se-NTB, kemah pesiar dan festival budaya.

Kemudian pada tanggal 5-7 Mei, kirab kota tanggal 5 Mei "start" Islamic Center, dan "finish" di Mataram Mall. Selajutnya tanggal 6 Mei, dilaksanakan MNEK Mataram "Fun Run" 5K dan 10K di Islamic Center, lomba masak ayam taliwang dan pada tanggal 6-8 juga dilaksankaan pengobatan dan penyuluhan gratis di Pelabuhan Carik Kabupaten Lombok Utara.(*)