Ribuan warga ikuti perayaan HUT Ke-79 RI di Perth

id HUT ke-79 RI, KJRI Perth, Perayaan, Masyarakat

Ribuan warga ikuti perayaan HUT Ke-79 RI di Perth

Suasana perayaan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-79 RI di Perth, Australia Barat, Sabtu (17/8/24). ANTARA/HO-KJRI Perth.

Jakarta (ANTARA) - Ribuan masyarakat, baik warga negara Indonesia (WNI) dan warga setempat, mengikuti perayaan HUT ke-79 Republik Indonesia di Perth, Australia. Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Perth bekerja sama dengan mahasiswa dan masyarakat Indonesia menggelar upacara peringatan HUT ke-79 RI di taman publik pusat kota Perth, Langley Park, demikian rilis KJRI Perth yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Penyelenggaraan upacara di taman publik merupakan yang kedua kali dilakukan di mana pada 2023 upacara HUT RI dilaksanakan di Sir James Mitchell Park, South Perth.

Upacara di Langley Park dihadiri lebih dari 700 masyarakat Indonesia di wilayah kerja KJRI. Kegiatan juga menarik perhatian masyarakat sekitar yang mengikuti upacara, permainan, dan promosi kuliner Indonesia "Pasar Merdeka."

Upacara pengibaran bendera di Langley dimeriahkan oleh Paskibra Perth 2024 yang berjumlah 17 orang. Tim paskibra tersebut beranggotakan pelajar, mahasiswa, dan masyarakat Indonesia yang dipilih dan menjalani pelatihan secara intesif sejak Juni 2024.

Upacara di Langley Park terdiri atas penaikan bendera pada pukul 10:00 waktu setempat dan penurunan bendera pada pukul 14:00 waktu setempat. Perayaan HUT ke-79 RI juga dimeriahkan dengan kuliner Nusantara yang menyajikan berbagai makanan khas Indonesia mulai dari bakso, pempek, pecel, sate ayam, gorengan, nasi padang, makanan ringan khas Indonesia hingga minuman khas Indonesia seperti cendol dan cincau bandung.

Baca juga: WNI di Tokyo antusias peringati HUT Kemerdekaan RI
Baca juga: Korem 162/WB gelar parade bendera bawah laut di perairan Pulau Moyo Lombok


Kegiatan itu diharapkan dapat ikut mempromosikan kuliner Indonesia kepada masyarakat setempat. Lebih lanjut, KJRI Perth juga akan melanjutkan perayaan kemerdekaan RI di Perth melalui kegiatan Gemerlap Merah Putih pada 29 Agustus 2024.

Bekerja sama dengan City of Perth, kegiatan Gemerlap Merah Putih akan mewarnai Kota Perth dengan pencahayaan lampu merah putih sehingga menambah semarak pesta kemerdekaan di Perth.