Chika komitmen kembangkan potensi ekonomi Dompu

id Chika Japnas,Kabupaten Dompu

Ketua Harian PW Japnas NTB Ika Rizky Veryani atau akrab disapa Chika

Saya terpanggil untuk pulang kampung membangun tanah kelahiran saya
Mataram (Antaranews NTB) - Ketua Harian Pengurus Wilayah Jaringan Pengusaha Nasional Nusa Tenggara Barat Ika Rizky Veryani atau akrab disapa Chika berkomitmen mengembangkan potensi sumber daya alam di Kabupaten Dompu sehingga bisa menciptakan peluang kerja bagi warga di daerah itu.

Menurut perempuan yang berprofesi sebagai pengusaha ini, Kabupaten Dompu sebagai tanah kelahirannya memiliki sumber daya alam yang potensial untuk dikembangkan, baik pertanian, peternakan, perikanan dan pariwisata serta bahan tambang.

"Saya terpanggil untuk pulang kampung membangun tanah kelahiran saya," kata Chika, yang sebelumnya tinggal beberapa tahun lamanya di Yunani, bersama suaminya.

Berbagai peluang usaha sudah dikembangkan di Dompu. Salah satu yang sudah berjalan adalah bisnis stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU). Usaha tersebut sudah dibangun di Kandai Dua, dan akan membuka lagi SPBU di Doropeti.

Chika juga mengembangkan bisnis sebagai distributor utama sepeda motor merek Yamaha dengan nama perusahaan PT Dompu Rizky Motor.

Perempuan yang berkiprah sebagai pengusaha sejak 2006 itu mengaku akan terus mengembangkan potensi bisnis lainnya dalam rangka mendukung upaya pemerintah menciptakan lapangan kerja seluas-luasnya. Salah satunya bisnis jagung agar petani memiliki banyak pilihan pembeli ketika musim panen raya jagung.

"Saat ini ada 60 karyawan yang saya pekerjakan. Saya ingin lebih banyak lagi bisa mempekerjakan orang. Itu lah harapan saya, bisa bermanfaat bagi banyak orang. Apalagi di daerah jumlah pengusaha masih sangat kecil," ucap Chika yang mengaku memboyong suaminya dari Yunani untuk membantunya membangun Kabupaten Dompu.

Melalui Japnas, Chika juga ingin mendorong warga Dompu, khususnya kaum perempuan untuk bisa terjun sebagai pengusaha. Pasalnya, sumber daya alam di daerahnya cukup melimpah dan belum sepenuhnya digarap.

Hal itu dibuktikan dengan masih relatif kecilnya jumlah pengusaha di daerahnya. Padahal, dalam satu daerah seharusnya memiliki minimal tiga persen pengusaha dari total jumlah penduduknya.

"Menjadi pengusaha sukses bisa diwujudkan asal punya kemauan. Itu lah yang ingin saya tularkan kepada warga Dompu," tutur perempuan kelahiran 15 Februari 1986 tersebut.

Selain mengembangkan potensi sumber daya alam, Chika juga akan terus mempromosikan daerahnya melalui berbagai kegiatan. Apalagi ia memegang berbagai jabatan penting, yakni Ketua Harian Japnas, NTB, Duta Anti Narkoba, dan Ketua DPD Peace and Love NTB.

Perempuan yang sedang menyelesaikan studinya di Universitas Terbuka Jakarta ini juga memiliki pergaulan yang luas dengan kalangan artis dan pengusaha di Jakarta.

Bahkan, beberapa kali berduet dengan sejumlah artis papan atas dan beradu akting untuk film layar lebar. Di antaranya, memerankan tokoh Santi dalam film Kalam-Kalam Langit. Selain itu, memerankan peran bandar narkoba dalam film 3 Pilihan Hidup. (*)
Pewarta :
Editor: Awaludin
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar