CHIKA RAIH DUA GELAR MISS TOURISM INTERNATIONAL

id

Jakarta (ANTARA) - Putri Pariwisata Indonesia 2008, Albertina Fransisca (Chika) Mailoa, meraih penghargaan Miss Photohenic dan Miss Youthful di ajang pemilihan Miss Tourism International 2008 di Kuala Lumpur, Malaysia.

"Chika bersyukur bisa ikut kontes ini, apalagi juga dapat dua trofi, meskipun bukan yang utama," katanya dalam pembicaraan melalui telepon dengan ANTARA di Jakarta, Rabu.

Ia dinobatkan sebagai Miss Photogenic dan Miss Youthful, setelah berhasil masuk babak 15 Besar dari 42 kontestan yang mewakili berbagai negara.

Keikutsertaan Indonesia yang diwakili Chika merupakan yang pertama kali.

Menurut Chila, kendati tidak sebesar ajang Miss World atau Miss Universe, kontes yang diikutinya kali ini memberikan banyak sekali tambahan pengalaman.

Sebelumnya Chika juga pernah ikut dua ajang internasional, yakni World Miss University 2007 di Seoul, Korea Selatan, dan Global City Peagant 2007 di Taipei, Taiwan.

"Jadi dengan ikut Miss Tourism Internastional ini Chika semakin tahu seluk beluk kontes bertaraf international," katanya.

Ketika ditanyakan tentang rencana ke depan, ia menyatakan ingin menyelesaikan studinya di Fakultas Psikologi Yayasan Akutansi Indonesia.

"Semester ini Chika susun skripsi, Jadi mau selesaikan studi dulu. Kalau kontes-kontes, lihat kesempatannya nanti saja," katanya sambil tertawa.

Dikirim oleh Yayasan El John sebagai penyelenggara pemilihan Putri Pariwisata Indonesia, Chika berada di Kuala Lumpur sejak 11 Desember dan langsung masuk karantina selama 20 hari hingga Malam Penobatan Miss Tourism International 2008, yang berlangsung di Grand Ballroom Sunway Resort Hotel & Spa, Kualalumpur, tepat pada malam akhir tahun.

Pemilihan Miss Tourism International 2008 adalah penyelenggaraan yang ke 12 kali, dan di ikuti oleh 42 negara dari seluruh dunia, termasuk Inggris, Jepang, Norwegia, Jerman, Rumania, Brazil, Rusia, Korea, dan sebagainya.

Penghargaan Miss Tourism International 2008 diraih oleh kontestan dari India, Manasvi Mamgai.

Runner Up 1 diraih oleh peserta dari Hongkong, Runner Up 2 oelh peserta dari Bosnia dan Runner up 3 diraih oleh ratu dari Thailand.

Direktur eksekutif El John, Franny, menyatakan melalui ajang pemilihan international ini Chika mempromosikan kebudayaan dan pariwisata Indonesia melalui penampilannya menggunakan busana traditional Aceh, menari tarian tradisional Betawi "Lenggang Nyai", dan melalui ajang pertukaran cinderamata khas Indonesia kepada seluruh finalis dari 42 negara.

Chika kembali ke Tanah Air pada 2 Januari 2009.  (*)