455 calon haji NTB kloter pertama diberangkatkan

id 455 calon haji ,kloter pertama diberangkatkan,NTB

455 calon haji NTB kloter pertama diberangkatkan

Ilustrasi.

JCH kloter pertama yang diberangkatkan ini, bagi dari 4.564 keseluruhan calhaj asal NTB
Mataram (Antaranews NTB) - Sebanyak 455 calon haji (calhaj), termasuk lima petugas haji kloter pertama Embarkasi Lombok, Nusa Tenggara Barat, diberangkatkan pada Selasa sore.

Pelepasan jemaah haji kloter pertama ini dilakukan Sekretaris Daerah (Sekda)?NTB, H Rosiady Sayuti dihadiri Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Ace Hasan Syadzily serta sejumlah anggota Komisi VIII DPR RI, Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama NTB, H Nasruddin di Asrama Haji NTB di Mataram.

Kepala Kanwil Kementerian Agama NTB, H Nasruddin mengatakan jamaah calon haji (JCH) yang berangkat pada kloter pertama tersebut berasal dari Kabupaten Lombok Tengah dengan jumlah mencapai 450 orang dan 5 orang petugas, sehingga total 455 orang.

"JCH kloter pertama yang diberangkatkan ini, bagi dari 4.564 keseluruhan calhaj asal NTB," ucapnya.

Ia menuturkan, untuk kloter haji NTB pada 2018, sama seperti tahun lalu, yakni 11 kloter yang terbagi dalam dua gelombang, yakni gelombang pertama untuk delapan kloter dan gelombang kedua untuk tiga kloter.

"Jadi untuk tahun ini kita pakai sistem gelombang tujuannya untuk lebih memudahkan. Tidak seperti tahun lalu," ujar Nasruddin.

Menurutnya, dari total 4.564 orang calon haji tersebut, 60 persen berusia 60-70 tahun. Sehingga, berisiko tinggi dan rentan dari penyakit.

"Secara nasional umur JCH sama, yakni 60 persen berusia 60-70 tahun. Makanya harus mendapat perhatian ekstra dari petugas kita," jelasnya.

Sekda NTB, H Rosiady Sayuti berharap kepada JCH asal daerah ini ketika sudah berada di Tanah Suci Mekkah, Arab Saudi menjaga kesehatan dan mengikuti arahan yang diberikan petugas haji.

"Yang tidak kalah penting dari pelaksanaan ibadah haji itu adalah menjaga kesehatan. Makanya bagi para jamaah untuk selalu mengingat hal itu," katanya. (*)