Dekranasda promosikan produk lokal UKM di Lombok Timur

id UMKM ,Lombok Timur ,NTB,dekranasda lombok timur

Dekranasda promosikan produk lokal UKM di Lombok Timur

Acara pembukaan bazar UMKM yang digelar Dekranasda Kabupaten Lombok Timur, Provinsi NTB di halaman Mall Pelayanan Publik di daerah setempat, Rabu (04/09/2024). ANTARA/HO-Humas Pemkab Lombok Timur

Mataram (ANTARA) - Dekranasda Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, menggelar acara pasar murah dan bazar usaha kecil menengah (UMK) dalam rangka mendukung promosi produk lokal di daerah setempat.

Ketua Dekranasda Lombok Timur Hj Nurhidayati di Lombok Timur, Rabu, mengatakan bahwa acara ini bertujuan untuk mendukung dan mempromosikan produk-produk lokal serta memberikan peluang bagi para pelaku UMKM untuk meningkatkan penjualan mereka.

"Kami berharap acara ini tidak hanya memperkuat ekonomi lokal tetapi juga mempererat kebersamaan antara produsen dan konsumen," katanya.

Dalam kegiatan yang digelar di halaman Mall Pelayanan Publik (MPP) tersebut menawarkan produk sembako murah berupa beras, gula kemasan, minyak goreng, dan telur.

Selain itu, tersedia banyak makanan produk lokal dari para usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

"Ini menjadi ajang untuk mempromosikan produk lokal dan keberadaan MPP di masyarakat, “katanya.

Baca juga: Pemkab Lombok Timur meminta pelaku UMKM perkuat pemasaran digital

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian Kabupaten Lombok Timur Muhammad Azlan mengatakan, pembinaan UKM tidak bisa dilakukan oleh satu OPD, namun harus ada kolaborasi dengan OPD lainnya.

Untuk itu, ia sangat mengapresiasi pengurus Dekranasda atas inisiatifnya membuat kegiatan pasar murah yang ditujukan kepada masyarakat dan diharapkan dapat mendukung peningkatan ekonomi UMKM.

"UKM harus mampu menjadi role model dalam penanggulangan kemiskinan ekstrem yang ada di Lombok Timur," katanya .

Ia mengatakan kehadiran para UKM dapat mengurangi pengangguran, sehingga pemberdayaan dan pelatihan bagi UKM harus terus dikembangkan, sehingga bisa mendukung pergerakan ekonomi masyarakat.

"Pasar murah dan bazar ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi daerah lain dalam mendukung pengembangan UMKM serta mengangkat potensi lokal untuk dikenal lebih luas oleh masyarakat luas," katanya.

Baca juga: LKBN ANTARA mendukung peningkatan UMKM di kaki Gunung Rinjani
Baca juga: Menparekraf mendukung UMKM Lombok Timur meningkatkan nilai tambah produk