Polda NTB kerahkan 3.000 personel amankan MotoGP 2024 di Sirkuit Mandalika

id pengamanan motogp, polda ntb, motogp mandalika 2024

Polda NTB kerahkan 3.000 personel amankan MotoGP 2024 di Sirkuit Mandalika

Arsip foto - Sirkuit Mandalika. (ANTARA/Dhimas B.P.)

Mataram (ANTARA) - Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat mengerahkan sekitar 3.000 personel untuk mengamankan perhelatan MotoGP di Sirkuit Mandalika yang akan berlangsung pada 27–29 September 2024.

"Kami kerahkan sekitar 3.000 personel pengamanan. Kenapa banyak? Karena ini untuk pengamanan semua pintu masuk," kata Kepala Polda NTB Inspektur Jenderal Polisi Umar Faroq di Mataram, Kamis.

Ia menjelaskan pintu masuk seluruh akses kedatangan menuju Pulau Lombok, seperti Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid (BIZAM), Pelabuhan Kayangan, Pelabuhan Lembar, Pelabuhan Gili Mas, dan Pelabuhan Bangsal akan dijaga.

Baca juga: Volunteer MotoGP 2024 di Mandalika diprioritaskan warga NTB

Kapolda menyampaikan tujuan pengerahan personel mulai dari pintu masuk Pulau Lombok untuk memberikan rasa aman, nyaman dan kelancaran ajang balap kelas internasional tersebut.

"Karena dipastikan acara MotoGP tahun ini akan banyak penonton datang dari Bali, Kalimantan, Jawa, dan sebagainya, untuk itu semua akses kedatangan diamankan," ujarnya.

Selain fokus pada acara di Sirkuit Mandalika, pengamanan juga diberikan dalam parade para pembalap MotoGP yang akan berlangsung 25 September 2024 di Jalan Udayana, Kota Mataram.

Baca juga: Tarian kolosal 250 penari meriahkan pembukaan MotoGP Mandalika

Dalam kegiatan tersebut, para pembalap mendapat kesempatan berinteraksi dengan masyarakat.

"Jadi, silakan datang, di sana (Jalan Udayana) kami tentunya akan melakukan pengamanan juga," ucap dia.

Baca juga: Logistik MotoGP di Lombok dijadwalkan tiba 24 September 2024
Baca juga: Pemprov NTB menawarkan opsi pajak progresif hotel