Tarian kolosal 250 penari meriahkan pembukaan MotoGP Mandalika

id tarian kolosal,motogp mandalika,motogp 2024,nusa tenggara barat,sirkuit mandalika

Tarian kolosal 250 penari meriahkan pembukaan MotoGP Mandalika

Kepala Dinas Pariwisata Nusa Tenggara Barat Jamaludin Malady. (ANTARA/Dhimas B.P.)

Mataram (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menyiapkan tarian kolosal untuk memeriahkan pembukaan ajang balapan MotoGP Mandalika yang berlangsung pada akhir September 2024 ini.

"Kami menyiapkan 250 penari. Jumlah itu lebih banyak dibandingkan tahun lalu yang hanya 150 penari," kata Kepala Dinas Pariwisata NTB Jamaludin Malady dalam pernyataan di Mataram, Rabu.

Jamaludin menuturkan tarian kolosoal itu bakal menampilkan tarian-tarian dari seluruh daerah di Indonesia lengkap dengan mengenakan pakaian adat.

Para penari lokal yang rata-rata adalah pelajar SMP, SMA, dan anggota sanggar hingga pelajar tingkat kuliah juga dilatih selama satu bulan sebelum tampil dalam perhelatan internasional tersebut.

"Mereka menari kolosal paling lama tujuh menit," kata Jamaludin.

Baca juga: Logistik MotoGP di Lombok dijadwalkan tiba 24 September 2024

Lebih lanjut dia menyampaikan bahwa tarian kolosal itu memperlihatkan bahwa Sirkuit Mandalika dan tuan rumah balapan MotoGP bukan hanya milik Nusa Tenggara Barat, tetapi juga milik Indonesia.

Pada 27-29 September 2024, Indonesia menjadi tuan rumah MotoGP untuk ketiga kalinya. Seri kejuaraan balap sepeda motor itu berlokasi pada Sirkuit Mandalika di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

MotoGP Mandalika 2024 dirancang menjadi pergelaran yang inklusif, tidak hanya untuk para penggemar otomotif, tetapi juga seluruh lapisan masyarakat.

Ajang balapan itu menyuguhkan festival musik setelah balapan, yang akan dimeriahkan oleh sejumlah band ternama tanah air, seperti Slank, Gigi, Ada Band, Geisha, hingga DJ Yasmin.

Baca juga: Pemprov NTB menawarkan opsi pajak progresif hotel

Baca juga: ITDC gelar Mandalika festival of speed road to MotoGP 2024