PT Amman raih empat penghargaan Good Mining Practice Award 2024

id amman mineral,amnt,amman raih penghargaan,good mining practice,kementerian esdm

PT Amman raih empat penghargaan Good Mining Practice Award 2024

Jajaran Direksi PT Amman Mineral Nusa Tenggara memperlihatkan trofi penghargaan Good Mining Practice Award 2024 dari Kementerian ESDM di Hotel Bidakara, Jakarta, Rabu (25/9/2024). ANTARA/HO-Amman

Mataram, NTB (ANTARA) - PT Amman Mineral Nusa Tenggara yang mengoperasikan tambang tembaga dan emas di Kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat, meraih empat penghargaan Good Mining Practice Award 2024 dari Kementerian ESDM.

Presiden Direktur Amman Rachmat Makkasau dalam pernyataan di Mataram, NTB, Kamis, mengatakan penghargaan itu mencerminkan komitmen perusahaannya untuk mencapai keunggulan dalam seluruh aspek bisnis.

"Penghargaan itu merupakan bukti nyata dari tekad kami untuk menerapkan prinsip-prinsip berkelanjutan dengan mendorong inovasi dalam menjalankan operasi kami," ujarnya.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memberikan penghargaan tersebut kepada badan usaha pertambangan mineral dan batu bara atas komitmen dan keberhasilan dalam menerapkan kaidah teknik pertambangan yang baik.

Baca juga: Reklamasi tambang AMMAN, Menyatukan lingkungan dan ekonomi

Emiten berkode saham AMNT itu meraih penghargaan tertinggi berupa Trofi Good Mining Practice pada aspek Pengelolaan Teknis Pertambangan Terbaik dalam ajang tersebut.

Selain itu, AMNT juga memperoleh tiga penghargaan lain berupa Penghargaan Prestasi Aditama Pengelolaan Teknis Pertambangan Mineral dan Batubara, Penghargaan Prestasi Utama Pengelolaan Konservasi Mineral dan Batubara, dan Penghargaan Prestasi Utama Pengelolaan Lingkungan Hidup Pertambangan Mineral dan Batubara.

"Prestasi itu melanjutkan capaian kami tahun lalu yang meraih tiga penghargaan di Good Mining Practice Award 2023," kata Rachmat.

Lebih lanjut, dia menyampaikan bahwa pihaknya terus membangun empat pilar berkelanjutan, yaitu memajukan sumber daya manusia, menjunjung tinggi etika, melestarikan lingkungan hidup, dan mengelola sumber daya.

Baca juga: Presiden Jokowi berharap smelter tembaga dongkrak pertumbuhan ekonomi

AMNT menjalankan berbagai program berkelanjutan dalam kegiatan operasionalnya, seperti reklamasi lahan yang dilakukan secara bersamaan dengan kegiatan operasional, pengelolaan fasilitas pembibitan/persemaian oleh masyarakat, konservasi mata air, pelestarian kawasan konservasi perairan Gili Balu, dan beragam inisiatif keberlanjutan lain.

Berbagai program tersebut bertujuan untuk memberikan kontribusi positif bagi lingkungan dan masyarakat sekitar yang sesuai dengan misi perusahaan untuk menciptakan warisan terbaik bagi generasi mendatang.

Digelar pertama kali pada tahun 2020, Good Mining Practice Award merupakan penghargaan bergengsi di sektor pertambangan mineral dan batu bara yang dianugerahkan oleh Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian ESDM.

Baca juga: Presiden Jokowi resmikan smelter tembaga AMNT di KSB NTB

Penghargaan itu ditujukan untuk mengapresiasi pencapaian perusahaan pertambangan dalam menerapkan kaidah teknik pertambangan yang baik serta mendorong motivasi untuk terus meningkatkan prestasi dan kinerja.

Dalam menentukan pemenang di setiap kategori, penghargaan itu menilai lima aspek utama, yakni konservasi, pengawasan teknis penambangan, pengawasan perlindungan lingkungan, pengawasan kesehatan dan keselamatan kerja (K3), serta usaha jasa pertambangan.

Baca juga: AMMAN masuk daftar perusahaan terpercaya di dunia