Rangkuman Debat Pilgub Jakarta kemarin hingga hasil survei sementara

id debat pilgub jakarta,DKI,pilkada,survei sementara

Rangkuman Debat Pilgub Jakarta kemarin hingga hasil survei sementara

Ketua KPU DKI Jakarta Wahyu Dinata (kiri) disaksikan tiga pasangan calon Gubernur-Wakil Gubernur DKI Jakarta Ridwan Kamil-Suswono, Dharma Pongrekun-Kun Wardana Abyoto, dan Pramono Anung-Rano Karno menyampaikan sambutan dalam debat pertama pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta tahun 2024 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Minggu (6/10/2024). (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/aww)

Jakarta (ANTARA) -

Sejumlah peristiwa di DKI Jakarta yang terjadi pada Minggu (6/10) masih layak untuk disimak kembali antara lain Debat perdana bahas isu transisi Jakarta jadi kota global hingga hasil survei pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta.


Berikut rangkumannya:

1. KPU DKI: Debat perdana bahas isu transisi Jakarta jadi kota global

Jakarta (ANTARA) - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta Wahyu Dinata mengatakan debat perdana pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Pilkada DKI Jakarta 2024 membahas isu krusial tentang transisi Jakarta sebagai ibu kota menjadi kota global.

"Debat pertama ini menjadi momentum yang luar biasa di mana pasangan calon berdebat terkait isu-isu krusial transisi Jakarta dari daerah khusus ibu kota menjadi kota global," kata Wahyu saat membuka debat pertama Pilkada Jakarta di JI-Expo Kemayoran Jakarta, Minggu malam.

Baca juga: Tiga paslon Cagub/Cawagub hadiri debat perdana Pilkada Jakarta 2024

2. Ridwan Kamil janji bangun budaya Betawi

Jakarta (ANTARA) - Pasangan calon (paslon) gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta nomor urut 1, Ridwan Kamil-Suswono (RIDO) berjanji membangun budaya Betawi di kota ini.

"Terkait kelestarian budaya, Jakarta memang simpul dari segala budaya, tapi budaya Betawi sebagai kearifan lokal, tentu kita dahulukan dengan membangunnya," kata Ridwan Kamil saat memaparkan visi dan misi pada Debat Perdana Cagub-cawagub Pilkada Jakarta di JI-EXPO Kemayoran, Jakarta, Minggu malam

Baca juga: Cagub Ridwan Kamil nilai debat pertama berjalan damai

3. Visi-misi Pramono-Rano: Benyamin S Awards hingga integrasi JAKI

Jakarta (ANTARA) - Calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta nomor urut 3, Pramono Anung-Rano Karno menyampaikan visi-misi dan program kerja yang bertajuk "Jakarta Menyala" meliputi gelaran Benyamin S Awards hingga integrasi JAKI dalam debat perdana Pilkada DKI.

"Saya punya impian besar Insyaallah sebagai penghormatan kepada nama besar Benyamin Sueb, maka saya akan menyelenggarakan Benyamin S Awards," kata Pramono dalam debat perdana Pilkada DKI di JIExpo Jakarta, Minggu malam.

Baca juga: Cagub Pramono Anung siap ganti CCTV yang hilang
Baca juga: Paslon Pram-Rano hadirkan Program Jaring Asmara


4. Dharma-Kun sisipkan adab pada visi dan misi untuk Jakarta

Jakarta (ANTARA) - Pasangan calon gubernur-wakil gubernur Jakarta nomor urut 2 Dharma Pongrekun-Kun Wardana (Dharma-Kun) menyisipkan adab dalam setiap visi dan misinya untuk memimpin Jakarta lima tahun ke depan.

"Penguatan sumber daya manusia Jakarta sebagai kota global berkeadilan, tanpa adab maka keadilan tidak ada," kata Dharma di Jakarta, Minggu, saat debat perdana Pilkada DKI Jakarta.

Baca juga: Dharma janji hapus PBB bagi ASN dan karyawan swasta
Baca juga: Pandemi merupakan agenda asing ambilalih kedaulatan bangsa


5. Survei: Ridwan Kamil-Suswono unggul dengan dukungan "Anak Abah"

Jakarta (ANTARA) - Survei Indonesia Strategic Institute (Instrat) mengungkapkan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta nomor urut 1 Ridwan Kamil-Suswono (RIDO) memiliki elektabilitas yang lebih unggul dengan adanya pergeseran pendukung setia Anies Baswedan (Anak Abah).

Instrat yang merupakan lembaga kajian isu strategis, politik, dan sosial dalam keterangannya di Jakarta, Minggu, menjelaskan hasil survei sebanyak 78,84 persen "Anak Abah" telah menentukan pilihan dalam Pilgub DKI Jakarta 2024.

Baca juga: Survei Instrat: Ridwan Kamil-Suswono unggul dengan dukungan "Anak Abah"