Pemkot menggelar pisah sambut Kapolres Mataram

id Pemkot Mataram

Ilustrasi Kepolisian. (1) (1/)

Mataram (Antaranews NTB)- Pemerintah Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, menggelar acara pisah sambut Kapolres Mataram dari AKBP Muhammad kepada AKBP Saiful Alam di aula Pendopo Wali Kota Mataram.

Acara pisah sambut Kapolres Mataram dihadiri anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Mataram, jajaran Polres serta pejabat dan pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) di Mataram, Kamis.

Pada kesempatan tersebut, AKBP Muhammad yang saat ini mengemban jabatan sebagai Kepala Bagian Pembinaan Karir (Binkar) di Polda Nusa Tenggara Barat menyampaikan ucapan terima kasih atas kerja sama yang telah terjalin baik dengan seluruh pihak terkait selama menjalankan tugas sebagai Kapolres Mataram selama hampir dua tahun, sejak bulan Maret tahun 2017 lalu.

"Saat mengawali jabatan sebagai Kapolres Mataram, kami sempat dihadapkan pada situasi konflik antarwarga di dua lingkungan yakni Monjok dan Karang Taliwang yang telah dapat tertangani dengan baik," katanya.

Selain itu, dia juga mengawal penyelenggaraan Pilkada 2018 yang berlangsung aman dan kondusif, dengan menempatkan penyelenggaraan pemilihan Gubernur NTB di Kota Mataram sebagai yang teraman dibandingkan daerah lain di NTB.

"Kami juga mengalami kondisi musibah gempa bumi, dan alhamdulillah? saat ini Kota Mataram telah dapat bangkit kembali," katanya.

Muhammad juga menginformasikan bahwa Polda NTB saat ini telah berubah status dari Polda tipe B menjadi Polda tipe A, yang akan diikuti dengan pengajuan peningkatan status Polres Mataram menjadi Polresta, dan memerlukan pula dukungan dari Pemerintah Kota Mataram untuk mewujudkannya.

"Saya pamit undur diri sebagai Kapolres Kota Mataram untuk melanjutkan tugas di Polda NTB," ujarnya.

Sementara saat berkesempatan mengenalkan diri, Kapolres Mataram yang baru AKBP Saiful Alam mengatakan bahwa dia yang berasal dari Lamongan sejak awal karirnya telah bertugas di luar Pulau Jawa.

Diawali dengan penugasan di Maluku, Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, Bali, hingga pada akhirnya dilantik sebagai Kapolres Mataram.

"Pengalaman tersebut sangat berharga sehingga kami dapat mengetahui dan memahami perbedaan-perbedaan yang ada di tengah masyarakat," katanya.

Pada kesempatan tersebut Saiful juga menegaskan komitmennya untuk mendukung kegiatan pemerintah daerah dalam kegiatan pemerintahan, apalagi saat ini agenda awal Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden sudah dimulai.

"Kegiatan ke depan begitu berat. Karena itu saya mohon agar penugasan saya bisa diterima dengan baik, dengan tangan terbuka," ucapnya.

Menanggapi pergantian tongkat kepemimpinan di Polres Mataram, Wali Kota Mataram H Ahyar Abduh menyatakan bahwa dia merasa bersyukur karena menurutnya antara Kapolres yang telah menyelesaikan tugas dan Kapolres baru diibaratkan seperti gayung bersambut yang dapat saling mengisi, saling mengharap kebaikan dan menjaga silaturahim demi kepentingan Kota Mataram.

Karena itu wali kota berharap agar kerja sama yang telah dilakukan selama ini dengan seluruh anggota Forkopimda Kota Mataram beserta jajarannya dapat terus dipertahankan untuk menjaga kondusivitas wilayah.

"Selamat jalan, selamat bertugas di tempat yang baru. Semoga pengalaman di Kota Mataram menjadi modal yang bisa terus dikembangkan. Untuk Kapolres yang baru, selamat datang. Kami menyambut dan siap memberikan dukungan dalam menjalankan tugas-tugas yang akan dilaksanakan kedepan sebagai Kapolres Mataram," kata wali kota.

 
Pewarta :
Editor: Riza Fahriza
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar