Dinkes NTB bagikan vaksin anti rabies

id Rabies

Dinkes NTB bagikan vaksin anti rabies

Warga di Kecamatan Hu'u, Kabupaten Dompu, NTB membawa anjing peliharaan mereka untuk Vaksinasi Anti Rabies. (Kementerian Pertanian) (/)

Kita sudah membagikan serum anti rabies dan vaksin rabies di daerah terdampak rabies
Mataram (Antaranews NTB) - Dinas Kesehatan Nusa Tenggara Barat, telah membagikan vaksin anti rabies (VAR) seiring meluasnya dampak dari gigitan anjing liar tersebut.

Setelah sebelumnya Kabupaten Dompu dan Sumbawa telah ditetapkan Kejadian Luar Biasa (KLB) kasus rabies.

"Kita sudah membagikan serum anti rabies dan vaksin rabies di daerah terdampak rabies," Kepala Dinkes NTB dr Nurhandini Eka Dewi, Rabu (21/2).

Menurutnya, pembagian vaksin dan serum anti rabies tersebut dilakukan agar virus rabies akibat gigitan anjing liar tidak sampai ke otak. Sebab, jika virus rabies sudah sampai ke otak, maka akibatnya fatal bagi penderitanya.

"Selain pembagian vaksin dan serum anti rabies, kami bersama kabupaten kota sudah melakukan eliminasi anjing-anjing liar. Terpantau secara masif eliminasi dilakukan di Kabupaten Dompu, Bima dan Sumbawa sebagai daerah terdampak," terangnya.

Mantan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Tengah ini menyampaikan kasus rabies itu baru hanya meluas di kabupaten/kota di Pulau Sumbawa. Sedangkan, Pulau Lombok masih belum ada ditemukan rabies.

"Insya Allah, Lombok masih aman ?dan itu terbukti dari beberapa pemeriksaan anjing yang dilakukan, hasilnya negatif," katanya.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan NTB, enam orang dinyatakan meninggal dunia di Kabupaten Dompu sebagai lokasi pertama ditemukannya kasus rabies di NTB.

Saat ini jumlah rabies telah mencapai 761 kasus dengan jumlah terbanyak berada di Kabupaten Dompu 714 kasus, Sumbawa 21 kasus dan Bima 26 kasus.