Pasar tradisional Pagesangan Kota Mataram terbakar

id kebakaran pasar,pasar pagesangan ntb,polres mataram

Petugas pemadam kebakaran menyemprotkan air untuk memadamkan api yang membakar toko di pasar Pagesangan, Mataram, NTB, Senin (15/4/2019) . Kebakaran yang menghanguskan enam toko sembako di kompleks pasar tersebut diduga terjadi akibat hubungan arus pendek listrik, dan tidak ada korban jiwa dalam insiden itu. (ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/aww)

Mataram (ANTARA) - Pasar tradisional Pagesangan, yang berada di jantung Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, terbakar pada Senin sore.

Dari keterangan warga sekitarnya, api hingga menimbulkan kepulan asap hitam pekat itu muncul dari bagian belakang pasar yang berbatasan dengan kawasan persawahan dan perkampungan warga.

Namun berkat kesigapan petugas kepolisian, Satpol PP, dan pemadam kebakaran, kobaran api berhasil dipadamkan setengah jam setelah warga melaporkan peristiwa tersebut.

Dalam situasi pemadaman yang telah menyisakan kepulan asap hitam itu, terlihat sederet kios bagian belakang pasar menjadi santapan "si jago merah".

Isnun, pemilik tiga kios di lokasi kebakaran, mengaku tidak mengetahui penyebab munculnya api. Melainkan kabar kebakaran itu dia dengar dari kerabatnya.

"Tadi saya masih dirumah, dikabarin pasar kebakaran, pas datang, kios saya yang kena," kata perempuan paruh baya dari Karang Anyar, perkampungan dekat pasar tradisional Pagesangan itu, Senin.

Isnun merupakan salah satu pedagang yang memiliki tiga kios dengan barang dagangan sembako, dan berbagai snack serta minuman kaleng.

Akibat musibah kebakaran ini, Isnun memperkirakan kerugian dagangannya mencapai seratus juta lebih.

"Mungkin ada sampai Rp150 juta pak, beras itu aja sampai lima Ton," ujarnya sembari memilah barang dagangannya yang masih bisa diselamatkan.

Lebih lanjut, terkait dengan penyebab kebakaran ini pihak kepolisian mengaku belum dapat mendeteksinya. Melainkan hal tersebut dapat dipastikan setelah cek TKP dari Tim Inafis Polres Mataram.

"Belum tahu apa penyebabnya, nanti akan ada tim inafis yang akan cek TKP," kata Kasat Sabhara Polres Mataram AKP Gusriyadi Abusta, yang ditemui wartawan di Pasar Pagesangan.

Namun untuk sementara dari keterangan warga, diketahui peristiwa kebakaran terjadi sekitar pukul 15.30 Wita. Api muncul dari bagian belakang pasar dan melalap delapan kios kecil yang berada dalam satu deretan.

"Dari keterangan warga, api muncul sebelum Ashar. Ada delapan kios kecil yang terbakar," ujarnya
Pewarta :
Editor: Riza Fahriza
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar