NTB-Uzbekistan menjalin kerja sama wisata halal

id NTB,Uzbekistan,Wisata Halal,Pariwisata NTB

NTB-Uzbekistan menjalin kerja sama wisata halal

Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah (kiri) seusai menandatangani kerjasama antara Wakil Direktur Pertama Departemen Regional Provinsi Bukhara, Uzbekistan, Oy Bek O. Khakimov (kanan) disaksikan Sekretaris Kedutaan Besar Uzbekistan untuk Indonesia Muzaffar S Abdulazimov dan CEO Antara Digital Perum LKBN Antara, Darmadi (kiri) diruang Wakil Gubernur NTB di Kota Mataram, Senin (24/6). (ANTARA/Nur Imansyah).

Mataram (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat bersama Pemerintah Uzbekistan sepakat untuk menjalin kerja sama dalam bidang pariwisata khususnya wisata halal.

Kesepakatan antara NTB dengan Pemerintah Uzbekistan ini, dilakukan dalam penandatanganan kerjasama antara Wakil Gubernur NTB Sitti Rohmi Djalilah dan Wakil Direktur Pertama Departemen Regional Provinsi Bukhara, Uzbekistan, Khakimov disaksikan Sekretaris Kedutaan Besar Uzbekistan untuk Indonesia Muzaffar S Abdulazimov dan CEO Antara Digital, Darmadi di ruang Wakil Gubernur NTB di Mataram, Senin.

Sekretaris Kedutaan Besar Uzbekistan untuk Indonesia Muzaffar S Abdulazimov, mengatakan kerjasama antara Uzbekistan dengan Pemprov NTB itu, dalam rangka membangun kerjasama wisata halal atau halal turisme khususnya antara NTB dengan Provinsi Bukhara.

"Uzbekistan dan Indonesia, khususnya NTB memiliki banyak kesamaan. Baik itu budaya, agama karena sama-mama mayoritas beragama Islam. Bahkan ada sejumlah kosa kata yang sama dengan Uzbekistan," ujar Muzaffar S Abdulazimov.

Ia menjelaskan, dalam kerjasama itu kedua daerah NTB dan Bukhara akan saling mempromosikan sejumlah potensi wisata halal yang dimiliki. Selain itu, pembangunan sejumlah infrastruktur seperti hotel, juga akan menjadi perhatian kedua daerah tersebut.

Sebagai tahap awal kerjasama ini katanya, pihak Uzbekistan khususnya Provinsi Bukhara akan mempelajari pengelolaan wisata halal yang ada di NTB. Sebagai destinasi wisata halal terbaik dunia.

"NTB merupakan daerah tepat. Sehingga, dalam perkembangannya ke depan, akan banyak wisatawan Uzbekistan yang datang ke NTB atau sebaliknya," terangnya.

Menurut Muzaffar, nantinya Uzbekistan bisa belajar dan menerapkan seluruh sistem pengelolaan wisata halal di Bukhara.

"Kami punya penerbangan langsung dari Jakarta ke Taskins, Uzbekistan. Ini tentu dapat memudahkan akses antar kedua negara," katanya.

Wakil Gubernur NTB Sitti Rohmi Djalilah mengakui potensi yang dimiliki NTB sangat besar. Sehingga, masyarakat luar atau para investor akan semakin tertarik datang ke NTB. Tidak hanya berwisata namun juga untuk berinvestasi. Apalagi Teluk Saleh, Moyo dan Tambora baru saja ditetapkan sebagai Biosfer dunia. Sehingga, NTB ini akan semakin dikenal di seluruh dunia.

"Terima kasih kepada Uzbekistan. Kita akan sama-sama belajar," ucapnya.

Menurut Rohmi, dari komposisi penduduk antara Provinsi Buhkara dengan NTB memiliki banyak kesamaan. Karena sama-sama berpenduduk mayoritas muslim, sama-sama memiliki masjid dan sejarah tentang Islam.

"Mereka ingin banyak belajar tentang wisata halal dengan NTB. Karena NTB dikenal sebagai destinasi wisata halal terbaik di dunia," katanya.

Hadir pada kesempatan kerjasama itu, Kepala Dinas Pariwisata NTB Lalu Moh Faozal dan Ketua Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (Asita) Dewantoro Umbu Joka.