CdM dimintai tolong soal naturalisasi

id timnas basket putra,cdm sea games,sea games 2019,harry warga negara,maulana fareza tamrella,naturalisasi basket,lester p

CdM dimintai tolong soal naturalisasi

Chef de Mission Indonesia untuk SEA Games 2019 Harry Warga Negara (tengah) didampingi pelatih tim nasional bola basket putra Rajko Toroman (kiri) dan manajer timnas basket putra Maulana Fareza Tamrella memberikan keterangan di GBK Arena, Jakarta, Selasa (22/10/2019). (ANTARA/Gilang Galiartha)

Jakarta (ANTARA) - Chef de Mission Indonesia untuk SEA Games 2019, Harry Warga Negara, menerima permintaan tolong mengenai proses naturalisasi pemain ketika menyambangi sesi latihan tim nasional bola basket putra di GBK Arena, Jakarta, Selasa petang.

"Besok pemain naturalisasi baru kita mungkin mendarat di Indonesia, karena itu kami mohon bisa dibantu untuk percepatan pengurusan paspornya," kata manajer timnas basket putra Indonesia Maulana Fareza Tamrella di hadapan CdM Harry.

"Namun, jika tidak memungkinkan untuk itu, di SEA Games timnas tetap akan berusaha mengoptimalkan pemain yang ada demi hasil terbaik," ujarnya menambahkan.

Pernyataan itu disambut baik oleh CdM Harry, yang menilai timnas basket putra terlihat serius untuk mempersiapkan diri menghadapi SEA Games 2019 bahkan berbagai ajang lanjutan yang diikuti.

"Kita bisa lihat sendiri mereka serius melakukan persiapan, bahkan sampai menggunakan jasa pelatih asing berpengalaman Coach Rajko Toroman," kata Harry.

"Kita semua tentu berharap di SEA Games nanti timnas basket 5x5 putra ini bisa mendapatkan hasil yang terbaik," ujarnya melengkapi.

Timnas basket putra tengah menjajaki peluang untuk menaturalisasi pemain berposisi bigman asal Amerika Serikat Lester Prosper yang sempat bermain di Liga Bola Basket Filipina (PBA).

Prosper menjadi pengganti dari calon pemain naturalisasi sebelumnya, Denzel Bowles, yang dianggap tak cukup memenuhi syarat, terutama dari segi performa serta mentalnya.

Naturalisasi pemain menjadi kebutuhan timnas basket putra bukan hanya untuk bersaing dalam SEA Games 2019 di Filipina tetapi juga demi menyongsong fase Kualifikasi Piala Asia FIBA 2021.

Kelolosan ke Piala Asia FIBA 2021 dan keberhasilan menempati urutan 10 besar menjadi prasyarat dari FIBA untuk hak tampil Indonesia di Piala Dunia FIBA 2023 sebagai tuan rumah.

Di SEA Games 2019, cabang olahraga bola basket 5x5 putra dijadwalkan berlangsung pada 4-10 Desember.

Sebelum bertolak ke Filipina, timnas basket putra terlebih dulu akan melakoni pemusatan latihan di Serbia selama tiga pekan, termasuk memainkan sembilan laga uji coba melawan tim-tim lokal. Timnas basket putra dijadwalkan terbang ke Serbia pada Kamis (24/10) malam.
 
Pewarta :
Editor: Riza Fahriza
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar