Mataram (ANTARA) - PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Nusa Tenggara Barat (UIW NTB) melalui PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Mataram memberikan pelayanan sambungan listrik gratis bagi masyarakat kurang mampu.

General Manager PT PLN (Persero UIW NTB) Sudjarwo melalui keterangan tertulis yang diterima di Mataram, Selasa, menyampaikan bahwa kegiatan pelayanan gratis ini bagian dari peringatan Hari Pelanggan Nasional (HPN) 2024 melalui program Light Up The Dream.

"Saya sangat berterima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi. Semangat berbagi ini sangat penting untuk terus kita jaga, terutama dalam memperluas akses listrik bagi mereka yang paling membutuhkan," kata dia.

Dalam program Light Up The Dream, PLN juga merangkai kegiatan peringatan HPN 2024 dengan menggelar konvoi kendaraan listrik. Kegiatan konvoi yang melibatkan Rombongan Motor Listrik (ROMLI) Mataram ini bertujuan untuk membangun ekosistem Kendaraan Listrik Berbasis Baterai (KLBB) di wilayah NTB.

Konvoi tersebut menempuh rute berkeliling kota sekaligus menyerahkan sambungan listrik gratis kepada sejumlah keluarga kurang mampu. Selain memberikan kontribusi langsung terhadap masyarakat, acara ini juga diharapkan mampu meningkatkan kesadaran tentang pentingnya transisi ke energi hijau melalui kendaraan listrik.

"Jadi, PLN berkomitmen untuk terus meningkatkan infrastruktur ekosistem kendaraan listrik, demi mendukung transisi energi dan mewujudkan NTB sebagai kawasan yang lebih ramah lingkungan. Melalui kegiatan seperti ini, kami ingin masyarakat merasakan langsung manfaat dari penggunaan energi bersih," katanya.

Miftakhul Munir, Koordinator Romli Mataram menjelaskan kegiatan ini tidak hanya sebagai simbolisasi peralihan ke teknologi bersih, tetapi juga momentum untuk mempererat hubungan antara PLN dan masyarakat.

"Melalui semangat kebersamaan, kami berharap acara ini tidak hanya memperkuat sinergi dengan pelanggan, tetapi juga membantu mereka yang belum terjangkau listrik agar dapat lebih produktif," ujar Munir.

Dengan berlangsungnya kegiatan ini, PLN berharap dapat menginspirasi masyarakat untuk lebih peduli terhadap lingkungan sekaligus memperluas akses energi bersih bagi seluruh lapisan masyarakat.

Baca juga: PLN NTB konvoi motor listrik dan sambung listrik gratis
Baca juga: PLN NTB dorong peningkatan ekonomi dan lingkungan dengan program Desa Berdaya

Program Light Up The Dream merupakan inisiatif PLN yang didanai dari donasi para pegawai. Melalui program ini, PLN secara konsisten memberikan sambungan listrik gratis kepada masyarakat yang belum berlistrik, sebagai bentuk kepedulian sosial dan dukungan terhadap peningkatan kualitas hidup.

Program tersebut menjadi langkah nyata PLN dalam menghadirkan energi yang terjangkau, berkelanjutan dan ramah lingkungan.

 

Pewarta : Dhimas Budi Pratama
Editor : I Komang Suparta
Copyright © ANTARA 2024