Lombok Tengah (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) berharap kepada para perangkat desa untuk ikut memanfaatkan kemajuan teknologi dengan mempromosikan potensi desa masing-masing melalui media sosial.

"Kemajuan teknologi ini harus bisa digunakan dengan baik untuk menyampaikan informasi potensi desa dan program pembangunan yang dilaksanakan di desa," kata Sekretaris Daerah Kabupaten Lombok Tengah Lalu Firman Wijaya di Lombok Tengah, Kamis.

Hal itu disampaikannya saat membuka acara pelatihan perangkat desa yang digelar Forum Wartawan Lombok Tengah (FWLT) kolaborasi dengan pemerintah daerah di gedung PKK Lombok Tengah.

"Hal itu salah satu cara untuk memperkenalkan potensi daerah, agar wisatawan banyak yang berkunjung," katanya.

Baca juga: Desa Puyung Lombok Tengah raih juara pertama Lomba Desa Tingkat Nasional

Ia menjelaskan, kegiatan itu bertujuan untuk membangun desa di sektor informasi dan mendukung pengembangan pariwisata di Lombok Tengah.

"Informasi yang baik dapat memberikan dampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat dan kemajuan desa," katanya.

Ia mengatakan disamping sebagai pewarta, wartawan juga memiliki beban moral yang cukup besar, karena berita yang disampaikan harus benar dan sesuai fakta.

"Langkah menulis berita untuk menjadikan karya jurnalistik ada syarat atau mekanisme yang melekat," katanya.

Baca juga: Kemenperin berikan bantuan alat tenun untuk perajin di Lombok Tengah

Oleh karena itu, ia berharap kepada para peserta untuk melaksanakan kegiatan ini dengan baik untuk menambah ilmu dan kemampuan dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat.

"Manfaatkan kesempatan ini dengan baik untuk kemajuan desa masing-masing," katanya.

Sementara itu, Ketua FWLT Lombok Tengah Ahmad Said mengatakan, kegiatan ini merupakan agenda tahunan yang digelar dalam rangka meningkatkan pembangunan dan pengembangan desa wisata di Lombok Tengah.

"Ini salah satu upaya kami dalam mendukung promosi pariwisata di Lombok Tengah," katanya.

Baca juga: Pemkab Lombok Tengah siap tuntaskan pembuatan peta desa

Kegiatan ini dilaksanakan selama satu hari dan diikuti oleh 30 peserta yang merupakan perangkat desa di Lombok Tengah.

"Ke depan mereka diharapkan bisa mempromosikan potensi desa masing-masing melalui media sosial maupun media," katanya.

Pewarta : Akhyar Rosidi
Editor : Abdul Hakim
Copyright © ANTARA 2024