Mataram (ANTARA) - Sejumlah berita mewarnai pada Sabtu (26/10) di kawasan Nusa Tenggara Barat yang perlu kembali dibaca warga Lombok.

Berikut berita yang dirangkum Antara NTB, yakni :

1.
BRIN teliti manuskrip kuno yang dikoleksi Museum Negeri NTB
Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) meneliti manuskrip kuno yang dikoleksi oleh Museum Negeri Nusa Tenggara Barat (NTB) melalui Proyek Riset dan Inovasi Untuk Indonesia Maju (RIIM).

"Tujuan kami dalam penelitian itu adalah kami harus melakukan metadata terhadap manuskrip," kata Kepala Organisasi Riset Arkeologi, Bahasa, dan Sastra BRIN Rakhmad Idris dalam pernyataan yang dikutip di Mataram, Sabtu.

Rakhmad menuturkan metadata itu kelak diterbitkan menjadi katalog naskah sebagai bentuk upaya digitalisasi naskah kuno.

Baca beritanya di sini

2. Mataram komitmen wujudkan kota ramah anak
Pemerintah Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, berkomitmen mewujudkan Kota Mataram sebagai kota ramah anak untuk menciptakan kondisi kota yang ramah dan layak untuk anak.

"Untuk menunjukkan komitmen itu, kami siap bekerja sama dengan berbagai pihak," kata Penjabat sementara (Pjs) Wali Kota Mataram Tri Budiprayitno di Mataram, Sabtu.

Hal tersebut disampaikan setelah menerima audiensi dari Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Kota Mataram dan anak-anak dari Dewan Anak Mataram (DAM).

Baca beritanya di sini

3. UNW Mataram tanam 1.000 bibit pohon di Lombok Timur
Universitas Nahdlatul Wathan (UNW) Mataram, Nusa Tenggara Barat, menanam 1.000 bibit pohon guna memperbaiki fungsi hutan dan menjaga kualitas lingkungan dari paparan polusi udara.

Program menanam bibit pohon itu dilakukan oleh mahasiswa kuliah kerja nyata UNW Mataram di Desa Denggen Timur, Kabupaten Lombok Timur.

"Kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk membantu mengurangi polusi udara dan menghijaukan bumi terutama Desa Denggen Timur," kata ketua kelompok program kuliah kerja nyata UNW Mataram Sohibul Yamin dalam pernyataan di Lombok Timur, Sabtu.

Baca beritanya di sini

4. Era kepemimpinan Zul, lulusan SMK di NTB diserap dunia kerja
Tim Pemenangan Wilayah (TPW) pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat, mengungkapkan bahwa di era kepemimpinan Zulkieflimansyah sebagai gubernur 2018-2023 lulusan SMK sangat luar biasa karena mampu diserap di dunia kerja.

"Berdasarkan data lulusan SMK tahun 2023, capaian yang diraih NTB di bawah kepemimpinan Bang Zul sapaan akrab Zulkieflimansyah sangat luar biasa," kata Tim Pemenangan Wilayah (TPW) pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur NTB Zul-Uhel, Sambirang Ahmadi di Mataram, Jumat.

Baca beritanya di sini

 

Pewarta : Antara NTB
Editor : I Komang Suparta
Copyright © ANTARA 2024