Polres Lombok Barat kerahkan dai sosialisasikan pencegahan COVID-19

id Polres Lombok Barat,Dai Kamtibmas,Pencegahan COVID-19,Polres Lombok Barat kerahkan dai,Polres Lombok Barat sosialisasika

Polres Lombok Barat kerahkan dai sosialisasikan pencegahan COVID-19

Bripka Lalu Satya Mandayan, menyampaikan khotbah Jumat di Masjid Baitul Atiq, Dusun Samah Ngiring, Desa Montong Are, Kediri, Lombok Barat, NTB, Jumat (12/3/2021). ANTARA/HO/Polres Lobar

Lombok Barat (ANTARA) - Kepolisian Resor Lombok Barat Nusa Tenggara Barat mengerahkan dai keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) untuk menyosialisasikan kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) maupun program Lomba Kampung Sehat Jilid II dalam rangka mencegah penyebaran COVID-19.

Kapolres Lombok Barat AKBP Bagus S Wibowo, di Lombok Barat, Minggu, mengatakan, para dai kamtibmas yang dimiliki daerahnya telah melalui proses cukup panjang dalam pembentukannya.

"Mereka digembleng langsung oleh tokoh agama Empat Sekawan Lombok Barat agar pembentukan dai kamtibmas benar-benar sesuai dengan kaidah agama," katanya.

Menurut dia, komunikasi dengan masyarakat melalui bahasa umat yang disampaikan dalam safari Jumat akan mudah diterima dan lebih mendekatkan polisi dengan masyarakat.

Bagus menambahkan dukungan tokoh agama terhadap peran dai kamtibmas dalam mendukung pencegahan penyebaran COVID1-19 melalui PPKM dan program Kampung Sehat jilid II dibuktikan dengan mengikuti vaksinasi.

Para tokoh agama di Kabupaten Lombok Barat juga telah menyatakan bahwa vaksin COVID-19 yang diberikan kepada masyarakat aman dan halal serta tidak ada efek samping yang dirasakan.

Para dai kamtibmas bersama tokoh agama juga terus mengimbau masyarakat untuk selalu menerapkan protokol kesehatan, yakni memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, mengurangi mobilitas dan menghindari kerumunan (5M).

"Dai kamtimbas didorong untuk menyampaikan kepada masyarakat bagaimana menerapkan pedoman 5M, dan melakukan testing, tracing dan treatment (3T) serta vaksinasi," kata Bagus.

Salah satu kegiatan yang dilakukan oleh Dai Kamtibmas Polres Lombok Barat adalah menjadi khatib shalat Jumat di Masjid Baitul Atiq, Dusun Samah Ngiring, Desa Montong Are, Kecamatan Kediri, Jumat (12/3).

Dalam khotbahnya, Bripka Lalu Satya Mandayan yang dipercaya sebagai khatib mengajak masyarakat untuk meninggalkan perbuatan maksiat serta bersama-sama melakukan pencegahan penyebaran COVID-19 demi keselamatan umat.