Morbidelli dan Rossi inginkan mengulang sukses di Jerez

id motogp,franco morbidelli,valentino rossi,grand prix spanyol

Morbidelli dan Rossi inginkan mengulang sukses di Jerez

IlustrasiPebalap MotoGP dari tim Petronas Yamaha SRT Franco Morbidelli memacu motornya saat GP Teruel di Sirkuit MotorLand Aragon, Alcaniz, Spanyol, Minggu (25/10/2020). Franco Morbidelli tampil gemilang di MotoGP Teruel 2020 dengan meraih kemenangan dan berhasil unggul atas duo Suzuki, Alex Rins dan Joan Mir. ANTARA FOTO/REUTERS/Sergio Perez/pras.

Jakarta (ANTARA) - Franco Morbidelli mengincar podium pertamanya di Sirkuit Jerez-Angel Nieto ketika Grand Prix Spanyol akhir pekan ini sedangkan rekan satu timnya, Valentino Rossi, akan berusaha menebus kesalahan setelah gagal finis di GP Portugal.

Morbidelli akan berharap hasil positif di Portimao, di mana ia finis P4, menjadi bekal baginya merengkuh podium GP Spanyol yang belum pernah ia rasakan.

Kendati demikian, Morbidelli tercatat pernah dua kali start dari baris terdepan di Spanyol (2019-MotoGP dan 2017-Moto2).

"Trek di Jerez sangat baik dan saya cepat di sana. Tahun lalu saya sangat nyaris finis podium di kedua balapan yang kami jalani di Jerez, jadi saya berharap kami bisa mewujudkannya menjadi podium kali ini," kata Morbidelli seperti dikutip laman resmi tim Petronas Yamaha SRT, Selasa.

"Tahun ini kompetisi lebih tangguh dan level yang lebih tinggi, tapi saya akan mencoba sekeras mungkin untuk mendekati tiga besar dan kita tinggal tunggu dan lihat apakah saya bisa meraihnya.

Sementara itu, Rossi pernah finis podium sebanyak 13 kali di era MotoGP dan 500cc, tujuh di antaranya sebagai pemenang balapan.

Pebalap veteran Italia itu terakhir kali naik podium di sirkuit Spanyol itu setelah finis P3 di balapan kedua di Jerez, GP Andalusia.

"Saya rasa Jerez adalah salah satu sirkuit di kalender MotoGP yang paling saya tunggu untuk balapan setiap tahun, karena saya memiliki sejumlah kenangan luar biasa di sana," kata Rossi.

"Bahkan, tahun lalu saya di podium di balapan kedua musim itu, GP Andalusia.

"Kecepatan saya selama balapan di Portugal terakhir kali cukup baik, kami membuat sejumlah perbaikan, jadi kami menuju balapan keempat tahun ini dengan optimisme yang lebih besar dari sebelumnya.

"Tentunya banyak pebalap yang akan tampil kuat di Jerez, karena kami semua sangat paham itu, tapi kami akan mencoba yang terbaik dan melihat apa yang bisa kami lakukan untuk kembali ke posisi teratas di mana kami seharusnya berada."

Kendati tiga balapan yang telah digelar disapu bersih oleh pasukan Yamaha, awal musim 2021 cukup berat bagi The Doctor yang tahun ini menjadi pebalap tim satelit Yamaha, bertukar bangku dengan Fabio Quartararo.

Rossi kesulitan mendekati peringkat sepuluh besar di dua balapan di Qatar dan gagal finis di Portugal setelah terjatuh di lap ke-14, meski sempat tampil cepat dengan mengamankan P4 di babak kualifikasi GP Qatar.

Quartararo memuncaki klasemen sementara dengan 61 poin diikuti oleh pebalap tim Ducati Francesco Bagnaia yang membayangi di peringkat dua dengan jarak 15 poin, dan Maverick Vinales yang terpaut 20 poin.