Mataram dapatkan 884 formasi CPNS dan P3K pada 2021

id cpns,mataram,formasi

Mataram dapatkan 884 formasi CPNS dan P3K pada 2021

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Mataram Baiq Nelly Kusumawati. (Foto: ANTARA/Nirkomala)

Mataram (ANTARA) - Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, menyebutkan daerah itu mendapatkan 884 formasi untuk rekrutmen calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) tahun 2021.

Kepala BKPSDM Kota Mataram Baiq Nelly Kusumawati di Mataram, Jumat, mengatakan sebanyak 884 formasi dibagi menjadi dua yakni sebanyak 738 formasi P3K khusus untuk guru dan 146 formasi CPNS terdiri atas 118 formasi untuk tenaga kesehatan dan 28 formasi untuk tenaga teknis.

"Jika jumlah formasi P3K dan CPNS digabung maka tahun ini kita mendapatkan 884 formasi. Bagi kami, jumlah ini cukup banyak dan melebihi formasi yang kita usulkan sekitar 400 formasi," katanya.

Ia mengatakan formasi rekrutmen CPNS dan P3K tahun ini merupakan akumulasi dari tahun 2020, yang ditiadakan karena pandemi COVID-19. Jika ditotal formasi 2020 dan 2021 menjadi 400 formasi, dengan hitungan setahun diusulkan 200 formasi.

"Tapi realisasinya di luar prediksi. Alhamdulillah, semoga peluang ini bisa dimanfaatkan oleh guru, tenaga medis dan masyarakat umum," katanya.

Menurutnya, setelah pengumuman alokasi formasi P3K dan CPNS tersebut, pihaknya masih menunggu jadwal untuk pelaksanaan rekrutmen P3K dan CPNS yang informasi awalnya akan dilaksanakan setelah Idul Fitri 1442 Hijriah.

"Informasi makro rekrutmen akan dimulai pada 1 Juni sampai 1 Juli 2021," katanya.

Sementara, setelah penetapan formasi pihaknya akan melaksanakan tahapan verifikasi terhadap formasi yang diberikan terkait kualifikasi dengan jabatan di masing-masing organisasi perangkat daerah (OPD) penempatan.

"Jika ditemukan kurang, maka dilakukan perbaikan jabatan dan kualifikasi sehingga bisa berubah sesuai yang dibutuhkan tanpa menambah atau mengurangi formasi yang ada," katanya.