Wali Kota Mataram mengunjungi korban banjir rob

id banjir,rob,bagek kembar

Wali Kota Mataram mengunjungi korban banjir rob

Wali Kota Mataram H Mohan Roliskana (rompi hitam, kaca mata) duduk bersama warga di tenda darurat sebagai tempat evakuasi sementara warga Lingkungan Bagek Kembar Kecamatan Sekarbela, Kota Mataram, yang menjadi korban banjir rob, Senin (6/12/2021) ANTARA/HO-Kominfo Mataram

Mataram (ANTARA) - Wali Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, H Mohan Roliskana, Senin, mengunjungi warga di sejumlah wilayah yang terdampak cuaca ekstrem hidrometeorologi baik akibat luapan air sungai, saluran maupun gelombang pasang atau banjir rob.

"Kami ingin melihat langsung kondisi warga, untuk mengambil langkah penanganan tepat sekaligus mengantisipasi peningkatan intensitas hujan dan potensi tingginya air laut," kata Wali Kota didampingi Satgas Penanganan Bencana Hidrometeorologi, camat dan lurah setempat.

Dalam kegiatan itu, Wali Kota mengunjungi warga yang rumahnya terendam air akibat luapan Kali Ancar di Kekalik Jaya. Setelah itu, ke Lingkungan Bagek Kembar melihat warga yang terdampak banjir rob.

Khusus di Bagek Kembar, Wali Kota menginstruksikan pendirian tenda untuk evakuasi sementara sekitar 37 kepala keluarga (KK), karena rumah mereka yang ada di sepanjang pantai terdampak gelombang pasang dan rob.

"Kami minta OPD terkait langsung menangani dan mempersiapkan seluruh kebutuhan pengungsi yang sementara tinggal di tenda BPBD dan kita siapkan dapur umum serta petugas kesehatan untuk mengecek dan memastikan kesehatan mereka," katanya.

Dalam kesempatan itu, Wali Kota meminta camat lurah agar tetap berada di tengah-tengah masyarakat dan terus memberikan informasi terbaru kepada Satgas Bencana Kota Mataram.

Kewajiban itu menjadi perhatian khusus Wali Kota Mataram karena informasi yang masuk ke tim Satgas Bencana akan berpengaruh pada kecepatan penanganan bencana di titik yang dilaporkan.

"Untuk mempermudah satgas dalam penanganan, telah dibangun posko kebencanaan terpusat di Pendopo Wali Kota Mataram bertujuan untuk mengantisipasi dan menangani secara cepat kebencanaan yang terjadi," katanya.

Menurutnya, posko ini menjadi kunci utama dalam hal penanganan, terutama
dalam koordinasi satgas sekaligus menjadi pusat penjaringan informasi kebencanaan yang dilaporkan camat, lurah dan masyarakat luas.

Di posko kebencanaan sendiri telah disiapkan alat-alat operasional penanganan bencana, dan petugas teknis kebencanaan serta petugas kesehatan yang berasal dari RSUD Kota Mataram dan Dinas Kesehatan Kota Mataram.

Selain kesiapsiagaan teknis penanganan bencana, Wali Kota juga meminta Dinas Sosial Kota Mataram menyiapkan skema pembuatan dapur umum, penyaluran logistik (sembako) sesuai standar operasional prosedur (SOP) yang berlaku, ketika dibutuhkan.

"Untuk hotline penanganan bencana Kota Mataram sendiri, Pemerintah Kota Mataram telah menyiapkan jaringan komunikasi pada nomor: 087 865 416 999/ 112 (bebas pulsa)," katanya.