Wakapolda NTB: Tidak ada penyekatan jalan di masa libur akhir tahun

id operasi lilin rinjani 2021,pengamanan akhir tahun,tidak ada penyekatan

Wakapolda NTB: Tidak ada penyekatan jalan di masa libur akhir tahun

Wakapolda NTB Brigjen Pol Ruslan Aspan mengecek kesiapan personel dan kelengkapan sarana pengamanan dalam gelaran Operasi Lilin Rinjani 2021 di Lapangan Bhara Daksa Polda NTB, Kamis (23/12/2021). (ANTARA/HO-Humas Polda NTB)

Mataram (ANTARA) - Wakil Kepala Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat Brigadir Jenderal Polisi Ruslan Aspan mengungkapkan bahwa tidak ada aktivitas penyekatan jalan di masa libur akhir tahun 2021.

"Tidak ada penyekatan, namun yang utama pengetatan masalah protokol kesehatan," kata Brigjen Pol Ruslan usai gelaran pasukan dalam Operasi Lilin Rinjani 2021 di Lapangan Bhara Daksa, Polda NTB, Kamis.

Begitu juga perihal pembatasan kegiatan masyarakat pada waktu malam hari. Ruslan menyampaikan bahwa pemerintah memberikan kelonggaran kepada masyarakat.

"Selama masih mematuhi protokol kesehatan yang sudah ditentukan dalam aturan pemerintah, silahkan," ujarnya.

Untuk aturan lengkapnya, kata dia, pihaknya menjalankan operasi kepolisian tersebut dengan menyesuaikan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) 66 Tahun 2021 yang mengatur perihal kegiatan masyarakat mulai 24 Desember 2021 sampai dengan 2 Januari 2022.

"Jadi fokus pengamanan dalam pelaksanaan operasi ini adalah mengantisipasi penyebaran COVID-19 sesuai yang diatur dalam Inmendagri 66 Tahun 2021," ucap dia.

Upaya lainnya dari pengetatan protokol kesehatan, Polda NTB melakukan pengawasan di setiap pintu masuk kewilayahan.

"Di NTB itu ada enam titik. Empat pelabuhan laut dan bandara di Lombok serta bandara yang ada di Sumbawa," kata Ruslan.

Lebih lanjut, dia menyampaikan operasi kepolisian yang berlangsung sejak 23 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022 ini Polda NTB menerjunkan 1.171 personel. Seluruhnya berasal dari personel Polda NTB serta polres jajaran.