PKT tingkatkan tata kelola berbasis lingkungan

id PKT,pupuk kaltim

PKT tingkatkan tata kelola berbasis lingkungan

Gubernur Kaltim Isran Noor (kanan) memberikan penghargaan kepada SVP Teknologi Pupuk Kalimantan Timur (PKT) Heri Subagyo pada peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2022. PKT kembali meraih penghargaan Proper Daerah (Properda) peringkat Emas untuk ke-7 kalinya atas komitmen tata kelola lingkungan dan pemberdayaan masyarakat. ANTARA/HO/PKT

Jakarta (ANTARA) - PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) terus berkomitmen dalam tata kelola lingkungan yang diselaraskan dengan pemberdayaan masyarakat dalam aktivitas industri secara berkelanjutan. "Penataan lingkungan menjadi salah satu fokus utama PKT melalui kebijakan strategis di berbagai bidang khususnya pengembangan dan inovasi industri berbasis lingkungan yang sejalan dengan prinsip industri hijau," kata SVP Teknologi PKT Heri Subagyo, dalam keterangannya di Jakarta, Rabu.

Sebelumnya pada peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2022, PKT kembali meraih penghargaan Proper Daerah (Properda) peringkat Emas untuk ke-7 kalinya dari Pemerintah Provinsi Kaltim yang diserahkan Gubernur Kaltim Isran Noor.

Heri menjelaskan komitmen tata kelola lingkungan diimplementasikan melalui inovasi berkelanjutan di segala aspek, baik untuk penghematan energi, pengurangan emisi konvensional dan gas rumah kaca.

Selanjutnya, pengurangan dan pemanfaatan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (LB3), serta limbah padat Non B3 yang tidak hanya terbatas di lingkungan dan area pabrik Peningkatan kualitas lingkungan diwujudkan PKT melalui kajian Life Cycle Assessment (LCA) dengan batasan sistem cradle to grave, yang diintegrasikan dengan inovasi program berkelanjutan.

Pada 2021 PKT juga menjadi perusahaan pertama di Asia Tenggara yang mempublikasikan sertifikat produk ramah lingkungan atau Environmental Product Declaration (EPD) dari EPD Southeast Asia.

Dari aspek pengembangan keanekaragaman hayati, PKT merealisasikan berbagai kegiatan yakni pembibitan tanaman langka khas Kalimantan, reintroduksi anggrek hitam, penanaman mangrove hingga rehabilitasi karang. PKT telah menurunkan 4.822 terumbu buatan, melalui pemberdayaan kelompok nelayan di Kelurahan Loktuan Bontang Utara sebagai kawasan terdekat perusahaan. Kini terdapat 38 genus karang di seluruh area rehabilitasi Pupuk Kaltim, dengan pertumbuhan soft coral maupun hard coral relatif normal.


Baca juga: Cegah penyelewengan pupuk subsidi, PKT gandeng Kejati Kaltim gelar sosialisasi