ANGKASA PURA SIAPKAN PARKIR PESAWAT OBAMA

id

     Nusa Dua (ANTARA) - PT Angkasa Pura I Ngurah Rai menyiapkan lahan parkir khusus untuk pesawat pengangkut rombongan Presiden Amerika Serikat Barack Obama yang akan menghadiri KTT ASEAN di Nusa Dua, Bali.
     "Lahan parkir itu disiapkan untuk dua pesawat berukuran sedang (medium body) dan besar (wide body) pengangkut rombongan Presiden AS Barack Obama," kata General Manager PT Angkasa Pura I Ngurah Rai, Purwanto, saat dihubungi dari Nusa Dua, Sabtu.
     Dia mengatakan, penyediaan lahan parkir bagi pesawat jenis Boieng 747 dan 757 itu atas permintaan pihak Pemerintah AS melalui staf Gedung Putih.
     Kata Purwanto, pihaknya tidak sembarangan menyediakan lokasi tempat penyimpanan pesawat tersebut karena harus sesuai dengan ketentuan.
     "Lokasi yang kami siapkan sudah sesuai dengan ketentuan standar keamanan dan posisi penempatan sehingga kedua pesawat mudah dijangkau," ujarnya.
     Purwanto mengatakan, selain dua pesawat Presiden AS, ada juga 10 pesawat pengangkut kepala negara anggota ASEAN dan negara tamu lainnya yang ingin menginap di Bandara Ngurah Rai.
     "Tujuh pesawat berukuran wide body sedangkan tiga lainnya berjenis narrow body," katanya.
     Dia memperkirakan, jumlah pesawat yang akan diinapkan akan terus bertambah, seiring dengan terus bertambahnya kedatangan delegasi KTT ASEAN.
     Kata Purwanto, pihaknya melakukan langkah antisipasi dengan cara menyesuaikan alur pesawat terbang dan lokasi parkir.
     Berdasarkan pantauan di sekitar kawasan Bandara Ngurah Rai, menjelang pelaksanaan KTT ASEAN, kawasan tersebut semakin dipercantik dengan dipasangi berbagai baliho berukuran besar terkait acara tersebut.

(*)