PLN membantu ratusan keluarga di Lombok Timur atasi krisis air bersih

id PLN,Desa Padak Guar,Sumur Bor

PLN membantu ratusan keluarga di Lombok Timur atasi krisis air bersih

Seorang warga mencoba menghidupkan kran air di lokasi pembangunan sumur bor bantuan PT PLN (Persero) di Desa Padak Guar, Kecamatan Sambelia, Lombok Timur, NTB. (ANTARA/HO-PLN)

Mataram (ANTARA) - PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) melalui program PLN Peduli menyalurkan bantuan sumur bor guna mengatasi krisis air bersih yang dialami 165 keluarga di Kecamatan Sambelia, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

Senior Manager Pertanahan, Perizinan, dan Komunikasi, PLN Unit Induk Pembangunan Nusa Tenggara, Otong Sugiono, melalui keterangan resmi di Mataram, Kamis, mengatakan pihaknya merespon kebutuhan dasar yang diinginkan oleh masyarakat di sekitar ring satu proyek pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan PLTU FTP2 Sambelia yang selama ini mengalami kesulitan akses untuk air bersih untuk pemenuhan kebutuhan sehari-hari.

"Air bersih merupakan kebutuhan dasar bagi rumah tangga, informasi yang kami dapat dari perangkat Desa Padak Guar, Sambelia, menjadi masukan untuk kami, dan kami coba respon sesegera mungkin sesuai program tanggung jawab sosial lingkungan perusahaan," katanya.

Dari informasi yang diperoleh, kata dia, kondisi kelangkaan air bersih sudah dialami ratusan kepala keluarga di Desa Padak Guar, selama bertahun-tahun.

Untuk itu, bantuan sumur bor dan instalasi saluran air bersih yang dibangun oleh PLN melibatkan masyarakat sekitar, bekerja sama dengan aparat desa, untuk menentukan lokasi titik pengeboran, jalur saluran pemipaan, dan lokasi penampungan air yang strategis guna memudahkan masyarakat mengakses kebutuhan air bersih itu sendiri.

"Dari titik pengeboran air, jalur pemipaan, dan lokasi penampungan harus menjadi milik umum, karena sarana dan prasarananya nanti akan di rawat secara bersama-sama melalui pemerintah desa sebagai penanggung jawab ke depan. Alhamdulillah, saat ini masyarakat sudah mampu menikmati dan memenuhi kebutuhan air bersih untuk keperluan sehari-hari," ujar Otong.

Sementara itu, Kepala Desa Padak Guar, Tarmizi, mengatakan pada dasarnya masyarakat khususnya Dusun Dasan Baru sangat kekurangan air bersih. Beberapa upaya yang sudah dilakukan melalui pembuatan sumur secara manual belum mampu memberikan hasil yang maksimal.

"Setelah bantuan dari PLN terealisasi, alhamdulillah 165 kepala keluarga di Dusun Dasan Baru mampu menikmati air bersih, dan terimakasih PLN atas kontribusinya kepada masyarakat kami," ucap Tarmizi.

Imam Raharjo, warga Dusun Dasan Baru, Desa Padak Guar, juga menyampaikan rasa syukurnya atas fasilitas air bersih yang sudah terbangun di dusunnya tersebut.

"Kami atas nama warga sangat berterima kasih, karena memang selama ini, kami kekurangan air bersih dan selanjutnya kami akan menyempurnakannya dengan pendistribusian yang baik dan merata," ujarnya.