Atlet terbaik dari Jakarta-Banten siap bersaing final SAC

id SAC,Student Athletics Championships,Pelajar,Atletik,PB PASI,DBL

Atlet terbaik dari Jakarta-Banten siap bersaing final SAC

Peserta Student Athletics Championships (SAC) 2022 kualifikasi Jakarta dan Banteng bersaing di GOR Rawamangun, Jakarta, Minggu (20/11/2022). (ANTARA/HO-SAC)

Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 20 atlet terbaik hasil dari kompetisi atletik pelajar atau Student Athletics Championships 2022 kualifikasi Jakarta dan Banten siap bersaing pada babak final National Championhip di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, 9-11 Desember.


Dua di antaranya adalah Vallencxia Tanza Gracia dan Dwi Prasetyo. Vallen menjadi yang terbaik pada nomor lompat jauh setelah melakukan lompatan sejauh 4,35 meter pada SAC 2022 kualifikasi Jakarta dan Banten di GOR Rawamangun, Jakarta, akhir pekan lalu.

"Setelah ini, saya harus latihan lebih intens lagi agar di kompetisi nasional bisa menjadi personal best dan melakukan yang terbaik. Kalau bisa juga dapat tiga besar," kata Vallen dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa.

Sementara Dwi menjadi yang terbaik pada nomor lari 100 meter putra. "Persiapan saya untuk melaju ke kompetisi nasional, saya pasti akan berusaha lagi, latihan lebih keras, berusaha lebih maksimal. Semoga saya bisa menjadi yang terbaik dan mencetak rekor maksimal,” ujar Dwi.

SAC 2022 kualifikasi Jakarta dan Banten diikuti lebih dari 3.000 peserta dari 200 sekolah. Gelaran itu tak lepas dari dukungan dari berbagai pihak, salah satunya dari ENERVON-C. Health Supplement Segment Head PT Darya-Varia Laboratoria Tbk Leonard Darma Bimbuain mengatakan pihaknya akan terus mendukung atlet-atlet muda Indonesia untuk meraih prestasi.

"Untuk meraih prestasi, tentu ada banyak hal yang harus dipersiapkan dan dipenuhi oleh para atlet. Mulai dari latihan intensif, penguasaan teknik, kematangan psikis, dan tentunya adalah daya tahan tubuh kuat dan sehat," kata Leonard.

"Kondisi fisik menjadi salah satu yang perlu diperhatikan untuk tetap mendapatkan asupan gizi dan nutrisi lengkap yang seimbang. Hal inilah yang kemudian mendorong kami hadir sebagai multivitamin partner di SAC 2022 untuk mendukung lahirnya calon-calon atlet potensial khususnya di cabang olahraga atletik," ujarnya menambahkan.


SAC Indonesia 2022 terselenggara berkat kolaborasi antara Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) dengan DBL Indonesia yang secara konsisten selama 18 tahun menyelenggarakan kompetisi basket pelajar.

Sebelum final bertajuk National Championhip, SAC 2022 menyisakan dua kualifikasi yakni Jawa Barat di Stadion Arcamanik, Bandung, 25-27 November dan kualifikasi Jawa Tengah di GOR Tri Lomba Juang, Semarang, pada 2-4 Desember.

Baca juga: Sebanyak 1.200 peserta ikuti IFG Labuan Bajo Marathon 2022
Baca juga: Odekta jadikan Jakarta Marathon 2022 modal ke SEA Games


Dari tujuh kualifikasi yang sudah menjalani seleksi masing-masing mengirimkan atlet terbaiknya (juara dan runner-up) untuk level SMA ke National Championship termasuk hasil kualifikasi Jakarta dan Banten.

"Kami berharap dapat terus mendorong kesadaran akan gaya hidup lebih sehat di kalangan generasi muda serta mendukung lahirnya bibit-bibit baru berprestasi di cabang atletik dari Jakarta dan Banten," pungkas Leonard.