KPU NTB sosialisasi pemilu melalui khutbah jumat

id pemilu sosialisasi pemilih pemula

KPU NTB sosialisasi pemilu melalui khutbah jumat

Kutbah Jumat (ist) (1)

Kami melakukan sosialisasi melalui khutbah Jumat dengan melibatkan 500 khatib sejumlah masjid di NTB. Dalam khutbah Jumat tersebut disisipkan pesan-pesan mengenai pentingnya menggunakan hak suara pada Pemilu 2014".
Mataram, Antara Mataram) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Nusa Tenggara Barat berupaya meningkatkan partisipasi pemilih pada Pemilu Legislatif 2014 dengan melakukan sosialisasi melalui khutbah Jumat di masjid yang ada di daerah ini.

Ketua Divisi Sosialisasi, Informasi, Pendidikan Pemilih dan Pengembangan Sumber Daya Manusia KPU Provinsi NTB Darmansyah di Mataram, Senin, mengatakan pihaknya melakukan sosialisasi itu bekerja sama dengan Kanwil kementerian Agama NTB.

"Kami melakukan sosialisasi melalui khutbah Jumat dengan melibatkan 500 khatib sejumlah masjid di NTB. Dalam khutbah Jumat tersebut disisipkan pesan-pesan mengenai pentingnya menggunakan hak suara pada Pemilu 2014," katanya.

Ia mengatakan bahwa dengan cara itu diharapkan masyarakat memahami pentingnya menggunakan hak suara untuk memilih calon pemimpin yang mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dalam upaya meningkatkan partisipasi pemilih KPU NTB juga melaksanakan program masuk kampus atau "goes to campus" untuk menyosialisasikan Pemilu Legislatif 2014 dalam upaya mengurangi angka golput (golongan putih) atau masyarakat yang tidak memberikan hak suaranya.

"Kami melaksanakan program goes to campus dalam upaya mengurangi angka golput yang masih cukup tinggi di NTB," ujarnya.

Ia mengatakan sosialisasi melalui program masuk kampus itu diharapkan berdampak positif terhadap para mahasiswa untuk memberikan hak pilihnya pada Pemilu Legislatif 2014

Untuk meningkatkan partisipasi pemilih pada Pemilu 2014 KPU NTB juga menggandeng organisasi sosial keagamaan seperti NU, Muhammadiyah dan organisasi kemasyarakatan lainnya untuk menyosialisasikan Pemilu.

Di samping itu, katanya, pihaknya juga menjalin kerja sama dengan media massa baik cetak, elektronik termasuk media online dalam melakukan sosialisasi. Peran media dalam menyosialisasikan Pemilu semakin masif.

KPU NTB juga memanfaatkan Panitia Pemungutan Suara (PPS) sebagai basis pemutakhiran data, tidak lagi seperti pada Pemilu sebelumnya, desa menjadi basis pemutakhiran data.

"Ini akan jauh lebih efektif dalam pemutakhiran data, karena jangkauannya lebih sempit dibanding kalau basisnya di desa, sehingga reratif lebih banyak pemilih yang terjaring. Ini juga sekaligus sebagai upaya sosialisasi," ujarnya.

Dengan cara ini, katanya, pihaknya optimis pastisipasi pemilih di NTB pada Pemilu Legislatif 2014 akan meningkat dan diharapkan bisa menapai 75 persen.

Menurut Darmansyah, tingkat partisipasi masyarakat pada Pilkada Gubernur/Wakil Gubernur NTB 13 Mei 2013 sebesar 70,46 persen. Ini berarti angka golput di daerah ini mencapai 20,64 persen dari total daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 3.478.481 orang.

"Kalau kita mencoba mengidentifikasi dari total DPT dan pemilih di TPS, sebagian terbesar karena ada pemilih yang terdaftar dalam DPT yang tidak ikut memilih atau golput pada pemungutan suara," katanya.

Menurut dia, alasan mereka yang tidak ikut memilih itu, karena bekerja di luar daerah, seperti menjadi tenaga kerja Indonesia di luar negeri. Selain itu ada juga mahasiswa yang terdaftar di DPT di Pulau Sumbawa, sementara yang bersangkutan sedang kuliah di Kota Mataram.

"Selain goplut karena alasan teknis, ada juga yang memang karena alasan ideologis. Khusus di Kabupaten Lombok Tengah dan Lombok Timur yang memberikan sumbangan terbesar terhadap angka golput karena berada di luar daerah, antara lain menjadi TKI di luar negeri," katanya.(*)