Padat karya produktif manfaatkan sumber daya lokal

id Bupati Sleman ,Disnaker Kabupaten Sleman ,Dinas Tenaga Kerja ,Kabupaten Sleman ,Kragilan Sidoluhur Godean ,Sleman

Padat karya produktif manfaatkan sumber daya lokal

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo meresmikan hasil kegiatan padat karya di Dusun Kragilan, Sidoluhur, Godean, Selasa (10/1/2023). ANTARA/HO-Bagian Prokopim Setda Sleman

Sleman (ANTARA) - Bupati Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Kustini Sri Purnomo menyebutkan bahwa kegiatan padat karya yang dilaksanakan di wilayah itu mengutamakan kegiatan yang bersifat produktif dengan memanfaatkan sumber daya dan teknologi lokal.

"Kegiatan padat karya di Sleman bersifat produktif yang mengutamakan pemanfaatan sumber daya, tenaga kerja, dan teknologi lokal, serta bertujuan untuk menambah pendapatan, mengurangi kemiskinan, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat," kata Kustini saat meresmikan hasil padat karya di Kragilan, Kelurahan Sidoluhur, Kecamatan Godean, Selasa.

Ia berharap pelaksanaan pembangunan di tingkat kelurahan dapat dilakukan dengan lebih cepat, sehingga dapat segera menyelesaikan persoalan-persoalan yang ada, terutama yang terkait dengan infrastruktur, kemiskinan, dan pengangguran.

"Diharapkan program padat karya ini juga akan menumbuhkan rasa handarbeni masyarakat Sidoluhur terhadap keberadaan fasilitas umum di lingkungannya, karena berbagai fasilitas umum tersebut dibangun dengan partisipasi masyarakat setempat," katanya.

Perwakilan dari Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK) Sidoluhur Hari Priyanto mengatakan alokasi APBD Sleman untuk kegiatan padat karya disambut baik oleh masyarakat. "Kegiatan padat karya ini menjadi semangat masyarakat untuk bangkit usai terpuruk karena wabah COVID-19, " katanya.

Menurut dia, meskipun proses pengerjaan sempat terkendala karena musim hujan, namun pihaknya bersyukur karena hasil padat karya bisa diselesaikan tepat waktu. "Kegiatan padat karya di Dusun Kragilan menghasilkan jalan cor blok sepanjang 310 meter," katanya.

Cor blok yang berlokasi di RW 31 dan RW 32 tersebut dalam proses pengerjaannya dilakukan oleh 52 pekerja sejak 28 Oktober hingga 23 November 2022. "Dengan program padat karya memberikan dampak baik pada masyarakat, di antaranya meningkatkan sarana dan prasarana infrastruktur masyarakat, menumbuhkan swadaya, dan menumbuhkan semangat gotong royong masyarakat untuk meningkatkan produktivitas," katanya.

Lurah Sidoluhur Hernawan Zudanto menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Sleman, karena program padat karya ini tidak hanya memberikan dampak baik kepada masyarakat namun juga mempermudah akses masyarakat Kragilan dan sekitarnya.

Baca juga: Program padat karya di Lombok Tengah libatkan 3.600 warga
Baca juga: Pemkot Surabaya budidaya melon emas


"Kami ucapkan terima kasih banyak kepada Dinas Tenaga Kerja dan Bupati Sleman yang sudah memberikan kemudahan kepada kami. Segala usaha yang sudah dilakukan akan dihitung sebagai amal kebaikan," katanya.

Turut hadir mendampingi Bupati Sleman, yakni Kepala Dinas Tenaga Kerja Sleman Sutiasih dan Panewu (Camat) Godean Ikhsan Waluyo.