DANA gaet Ant Group hadirkan "SisBerdaya"

id SisBerdaya, program inklusi keuangan UMKM Wanita, UMKM Wanita, DANA Indonesia, Ant Group

DANA gaet Ant Group hadirkan "SisBerdaya"

Chief of People and Corporate Strategy DANA Indonesia Agustina Samara (kanan) dan Senior Advisor, Global Affairs and Sustainability Strategies Ant Group Carrie Suen (kiri) secara simbolis membuka pelaksanaan program "SisBerdaya" sebagai dukungan wirausaha perempuan untuk pengembangan bisnisnya di Habitate Jakarta, Jakarta Selatan, Selasa (14/3/2023). (ANTARA/Livia Kristianti)

Jakarta (ANTARA) - Penyedia layanan keuangan digital, DANA, menggaet Ant Group menghadirkan program bernama "Sisberdaya" sebagai dukungan untuk pengembangan bisnis serta usaha di kelas mikro dan ultra mikro yang dimiliki oleh wirausaha perempuan.

Program "SisBerdaya" nantinya akan memberikan pendampingan, pelatihan keterampilan mulai dari pemanfaatan layanan digital hingga pengelolaan bisnis untuk mengembangkan usaha para peserta yang terpilih.

"Dari data Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) sebanyak 55 persen pelaku ekonomi kreatif adalah perempuan. Di DANA dari 120 ribu UMKM binaan, 19 persennya dikerjakan juga oleh perempuan. Dari sini kita melihat masih banyak potensi membangun Indonesia lewat komunitas UMKM perempuan," kata Chief of People and Corporate Strategy DANA Indonesia Agustina Samara ketika menjelaskan latar belakang program "SisBerdaya" di Jakarta, Selasa.

Secara lebih rinci "SisBerdaya" merupakan program pelatihan dan kompetisi yang digelar selama tiga bulan dan terbuka bagi wirausahawan perempuan di seluruh Indonesia. Kegiatan ini berfokus pada pemberdayaan usaha khususnya UMKM dengan dua kategori peserta yaitu kategori ultra-mikro, yaitu bisnis dengan jumlah karyawan 1-5 orang dan mencatat pendapatan bulanan Rp1 juta – Rp10 juta.

Lalu kategori Mikro, yaitu bisnis dengan jumlah karyawan 6-20 orang dengan pendapatan Rp11 juta – Rp30 juta per bulan. Bagi wirausaha perempuan yang tertarik bisa ikut mendaftarkan diri melalui aplikasi DANA mulai Selasa ini (14/3) sampai 17 April 2023.

Setelah proses pendaftaran ditutup akan ada penjurian dan 180 pendaftar dari kedua kategori akan dipilih oleh panel juri. Peserta terpilih akan menerima hadiah uang tunai, dan memenuhi syarat untuk memasuki fase lanjutan yakni bimbingan dan pelatihan keterampilan selama satu bulan oleh para praktisi dari DANA, Ant Group, mitra industri hingga perwakilan pemerintah.

Pelatihan keterampilan holistik yang diselenggarakan selama fase bimbingan mencakup topik Manajemen Bisnis, Pembayaran Digital dan Pemasaran, Strategi Penjualan Global, dan lain sebagainya. Pelatihan itu akan dilakukan secara hybrid yang diselenggarakan di wilayah Jabodetabek, Pekanbaru, dan Makassar untuk memudahkan partisipasi.

Nantinya peserta akan kembali menjalani kompetisi dengan menyerahkan rencana bisnis mereka untuk penilaian akhir. Lima peserta yang terpilih dengan karya terbaik akan mengikuti kompetisi lanjutan berupa presentasi akhir pada Mei 2023. Peserta dengan presentasi terbaik dijanjikan mendapatkan hadiah akhir hingga Rp20 juta.

Senior Advisor, Global Affairs and Sustainability Strategies Ant Group Carrie Suen mengatakan program "SisBerdaya" diharapkan mampu mengatasi kesenjangan akses yang selama ini dialami oleh wirausaha perempuan dalam mengembangkan bisnisnya.

Baca juga: Gubernur NTB harapkan ajang ILUNI UI jadi promosi pariwisata
Baca juga: Sebanyak 754 ribu wisman kunjungi Indonesia selama Januari 2023


"Saya percaya ada banyak jalan menuju inklusi. Saya ingin menggunakan kesempatan kali ini menyerukan ajakan partisipasi pada para perempuan pemilik bisnis, praktisi, hingga komunitas untuk berpartisipasi dalam SisBerdaya berbagi pengetahuan hingga jaringan untuk memberdayakan lebih banyak orang," kata Carrie.

Untuk menjadikan "SisBerdaya" sebagai program yang lebih inklusif, semua materi yang dikembangkan selama pelatihan keterampilan dan pendampingan akan tersedia untuk umum di aplikasi DANA setelah program berakhir.