30 Anggota DPRD Dompu Orientasi di Mataram

id DPRD Dompu

Dipilihnya Kota Mataram sebagai lokasi orientasi didasarkan pada kesepakatan dengan Pemerintah Provinsi NTB dan tutor serta penyaji materi lebih banyak berada di ibukota provinsi
Mataram,  (Antara) - Sebanyak 30 anggota DPRD Kabupaten Dompu periode 2014-2019 telah selesai melakukan orientasi di Kota Mataram, Ibu kota Provinsi Nusa Tenggara Barat, 7-11 Oktober 2014.

"Semua kegiatan orientasi dalam rangka meningkatkan pemahaman tugas dan fungsi sebagai anggota legislatif sudah berakhir Sabtu malam (11/10)," kata Ketua Sementara DPRD Kabupaten Dompu Didi Wahyudin di Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), Minggu.

Sebanyak 30 anggota DPRD Kabupaten Dompu masa bhakti 2014-2019 dilantik pada 29 September 2014. Mereka terdiri atas 19 anggota baru dan 11 anggota lama yang terpilih kembali pada Pemilihan Umum Anggota Legislatif (Pileg) 9 April 2014. Tiga diantaranya perempuan.

Didi mengatakan, dipilihnya Kota Mataram sebagai lokasi orientasi didasarkan pada kesepakatan dengan Pemerintah Provinsi NTB dan tutor serta penyaji materi lebih banyak berada di ibukota provinsi.

Menurut dia, kegiatan orientasi wajib diikuti oleh setiap anggota DPRD terpilih dan sudah dilantik agar mereka bisa memperoleh ilmu pengetahuan tentang fungsi dan tugas lembaga wakil rakyat.

"Sehingga mereka mengenal dan mendalami secara politis dan administrasi terhadap tugas dewan," ujar Didi yang juga Ketua Fraksi Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) DPRD Kabupaten Dompu.

Wakil Ketua Sementara DPRD Kabupaten Dompu Sirajuddin, menambahkan seluruh anggota legislatif hasil Pileg 2014 wajib mengikuti orientasi sekali dalam lima tahun sesuai amanat Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 16/2010 tentang Pedoman Penyusunan Peraturan DPRD Tentang Tata Tertib DPRD.

Dia mengatakan, kegiatan orientasi yang digelar bekerjasama dengan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pemerintah Provinsi NTB, di Kota Mataram, sesuai dengan instruksi Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

"Berbeda dengan orientasi anggota dewan periode lima tahun sebelumnya digelar di Jakarta. Namun, sekarang dengan adanya instruksi Mendagri, kegiatan itu digelar di ibukota provinsi," kata Sirajudin yang juga Ketua Dewan Pengurus Cabang (DPC) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kabupaten Dompu.