Unram bekerja sama Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan 14 universitas

id Universitas Mataram,Tri Dharma,Perguruan Tinggi

Unram bekerja sama Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan 14 universitas

Rektor Universitas Mataram, Prof Bambang Hari Kusumo (kiri), menandatangani nota kesepahaman kerja sama pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi di Jakarta. ANTARA/HO-Unram

Mataram (ANTARA) - Universitas Mataram (Unram), Nusa Tenggara Barat menjalin kerja sama dengan 14 universitas di wilayah barat dan timur Indonesia terkait pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat dan penelitian yang menjadi bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Dalam keterangan tertulis yang diterima di Mataram, Selasa, penandatanganan nota kesepahaman (MoU) Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan 14 universitas di wilayah barat dan timur Indonesia tersebut dilakukan oleh Rektor Unram Prof Bambang Hari Kusumo, di Jakarta.

Acara tersebut merupakan rangkaian dari rapat koordinasi kolaborasi penelitian dan pengabdian kepada masyarakat kampus perguruan tinggi negeri wilayah barat dan wilayah timur Indonesia.

"Setelah penandatanganan MoU, akan segera ditindaklanjuti dengan penandatanganan memorandum of agreement (MoA) dan implementation arrangement (IA) oleh para ketua LPPM, dekan dan peneliti terkait dari masing-masing universitas," kata Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama, dan Sistem Informasi Unram, Prof Akmaluddin, yang turut mendampingi Rektor Unram.

Adapun 15 universitas yang tergabung dalam rapat koordinasi itu, yakni Universitas Sumatera Utara, Universitas Syiah Kuala, Universitas Teuku Umar, Universitas Samudra, Institut Seni Budaya Indonesia, Aceh, dan Universitas Malikussaleh.

Selain itu, Universitas Negeri Padang, Universitas Maritim Raja Ali Haji, Universitas Bangka Belitung, Universitas Jambi, Universitas Palangka Raya, Universitas Negeri Gorontalo, Universitas Halu Oleo, Universitas Borneo Tarakan, dan Universitas Mataram.

Akmaluddin menjelaskan bahwa ada beberapa kesepakatan yang dicapai dalam pertemuan tersebut, di antaranya kolaborasi sumber daya manusia (SDM) dan pendanaan bersama.

"Kita targetkan kolaborasi dalam kerja sama penelitian dan pengabdian, yaitu kolaborasi SDM dan sharing pendanaannya. Semoga dimudahkan ikhtiar bapak Rektor untuk kemajuan institusi (Unram) kita," ucap Guru Besar Fakultas Teknik Unram itu.